Mulai dari Perempat Final, Liga Champions AFC Gunakan VAR

Kompas.com - 24/08/2020, 16:45 WIB
Ilustrasi VAR AFP/PATRIK STOLLARZIlustrasi VAR

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Mulai dari partai perempat final, Liga Champions Asia akan menggunakan VAR.

Keputusan ini diambil dalam rapat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Senin (24/8/2020).

Baca juga: Liga Thailand Bakal Batal Gunakan VAR

VAR atau teknologi video asisten untuk membantu kerja wasit kali pertama digunakan setahun silam.

Pemain baru sekaligus pencetak gol pamungkas Bali United, Sidik Saimima saat kualifikasi Liga Champions Asia melawan tuan rumah Tampines Rovers yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Jalan Besar Singapore, Selasa (14/01/2020) malam.Instagram Bali United Pemain baru sekaligus pencetak gol pamungkas Bali United, Sidik Saimima saat kualifikasi Liga Champions Asia melawan tuan rumah Tampines Rovers yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Jalan Besar Singapore, Selasa (14/01/2020) malam.

"Penggunaan pertama pada babak delapan besar Piala AFC di Uni Emirat Arab," kata pernyataan AFC.

Sesudah itu, VAR digunakan pada kejuaraan Piala Asia U-23 di Thailand, Januari 2020.

Para pemain Al Hilal merayakan gelar juara Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Urawa Reds 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Saitama, Minggu 24 November 2019.AFP/ BEHROUZ MEHRI Para pemain Al Hilal merayakan gelar juara Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Urawa Reds 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Saitama, Minggu 24 November 2019.

"Seluruh 32 laga menggunakan VAR," kata AFC.

Liga Champions AFC terkendala pandemi corona mulai Maret 2020.

Para pemain Jeonbuk Hyundai Motors merayakan gol ke gawang Urawa Reds di ajang Liga Champions Asia pada 9 April 2019.AFP/KAZUHIRO NOGI Para pemain Jeonbuk Hyundai Motors merayakan gol ke gawang Urawa Reds di ajang Liga Champions Asia pada 9 April 2019.

Kelanjutan liga itu dimulai lagi untuk Wilayah Barat dalam bentuk turnamen satu putaran pada 14 September 2020 di Qatar.

Sementara, laga Wilayah Timur dimulai pada 16 Oktober 2020 di Malaysia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X