Kasus Wasit Yang Diinjak di Bekasi Mengingatkan Peristiwa Lampau

Kompas.com - 14/07/2020, 20:40 WIB
Mantan wasit terbaik Indonesia yang mendapat julukan Mr Clean, Purwanto.
KOMPAS.com/Suci RahayuMantan wasit terbaik Indonesia yang mendapat julukan Mr Clean, Purwanto.

KEDIRI, KOMPAS.com - Kasus penganiayaan wasit Wahyudin pada pertandingan ekshibisi di Stadion Candrabhaga Bekasi, Minggu (12/7/2020) lalu membuat mantan wasit Purwanto mengenang kembali salah satu kejadian yang pernah dialami.

Wasit yang kondang pada tahun 90an dan 2000an ini mengaku pernah membuat sebuah keputusan kontroversial saat pertandingan berlangsung.

Secara tersirat, Purwanto mengatakan bahwa kasus penganiayaan wasit tersebut tidak perlu terjadi jika pemain dan pengadil sama-sama menjunjung tinggi rasa hormat satu sama lain.

Tanpa bermaksud memojokkan, Purwanto ingin menunjukan bahwa setiap masalah di dalam lapangan bisa diselesaikan secara elegan dan dewasa.

Baca juga: Kasus Pengeroyokan Wasit di Bekasi, Polisi Akan Panggil Champas FC dan Yutaka FC

Dia mengatakan seorang wasit sangat bisa menganulir sendiri keputusan yang sudah dibuatnya.

Keterangan tersebut tercantum dalam Pasal 5 mengenai wasit dalam Rule of the Game yang diterbitkan FIFA.

Namun, momen tidak biasa seperti itu hanya bisa terjadi ketika pemain dan wasit sama-sama menghargai satu sama lain.

“Kalau itu salah, melalui kapten diperbolehkan bertanya. Karena saya sendiri pernah berbuat salah, tetapi berhubung protesnya sopan, saya juga sopan, akhirnya saya putuskan untuk menganulir keputusan saya sebelumnya. Ini fakta," kata wasit yang dikenal dengan sebutan Mr. Clean kepada Kompas.com.

Purwanto mengenang kejadian saat menjadi wasit Liga Bank Mandiri (Divisi Utama) saat memimpin pertandingan Persija melawan Persebaya Surabaya di Stadion Lebak Bulus.

Saat itu, ada seorang pemain yang melakukan pelanggaran cukup keras seharusnya hanya mendapat kartu kuning. Dia langsung menarik kartu merah dari sakunya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X