Ini Potensi Pendapatan FA yang Menguap

Kompas.com - 30/06/2020, 15:44 WIB
Tidak ada gol tercipta di babak pertama laga antara Norwich City dan Manchester United pada babak perempat final Piala FA, Sabtu (27/6/2020) atau Minggu dini hari WIB.
CATHERINE IVILL / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFPTidak ada gol tercipta di babak pertama laga antara Norwich City dan Manchester United pada babak perempat final Piala FA, Sabtu (27/6/2020) atau Minggu dini hari WIB.

LONDON, KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola (FA) Inggris sudah mengumumkan potensi kehilangan pendapatan di tengah pandemi corona.

Catatan Chief Executive FA Mark Bullingham menunjukkan hingga empat tahun ke depan, lembaga yang mengelola Liga Inggris itu kehilangan 300 juta poundsterling atau setara dengan 368 juta dollar AS.

Baca juga: Tottenham Vs Norwich, The Lilywhites Unggul di Babak Pertama FA Cup

Sementara, pada semester ini, pendapatan FA menguap dari dua kegiatan yang menggunakan stadion sepak bola.

Tom Pope merayakan golnya pada pertandingan putaran ketiga Piala FA antara Manchester City vs Port Vale berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (4/1/2020) atau Minggu dini hari WIB. PAUL ELLIS / AFP Tom Pope merayakan golnya pada pertandingan putaran ketiga Piala FA antara Manchester City vs Port Vale berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (4/1/2020) atau Minggu dini hari WIB.

Pertama, konser musik pada Agustus 2020 batal diselenggarakan.

Lantas, kegiatan NFL pada Oktober 2020 juga ditiadakan.

Gabriel Jesus (tengah) sedang mengontrol bola pada laga perempat final Piala FA yang mempertemukan Newcastle United vs Manchester City di Stadion St. James Park, Minggu (28 Juni 2020).AFP/ SHAUN BOTTERILL Gabriel Jesus (tengah) sedang mengontrol bola pada laga perempat final Piala FA yang mempertemukan Newcastle United vs Manchester City di Stadion St. James Park, Minggu (28 Juni 2020).

Sementara itu, FA juga sudah menegaskan tak akan mengambil dana talangan pembinaan sepak bola dari FIFA.

Dana itu besarnya sekitar 1,5 juta dollar AS.

Tammy Abraham dan Ross Barkley dalam laga perempat final Piala FA Leicester City vs Chelsea di Stadion King Power, Minggu (28/6/2020) malam WIB.AFP/TIM KEETON / POOL Tammy Abraham dan Ross Barkley dalam laga perempat final Piala FA Leicester City vs Chelsea di Stadion King Power, Minggu (28/6/2020) malam WIB.

Dari jumlah itu, 500.000 dollar AS wajib digunakan untuk pengembangan sepak bola wanita.

Sebelumnya, FA berencana memangkas 142 pekerjaan yang dianggap berlebihan.

Baca juga: Kehilangan Pendapatan, Asosiasi Sepak Bola Inggris Pertimbangkan Pengurangan Pekerja

Dari jumlah itu, 42 di antaranya sudah menghentikan proses rekrutmen.

Para pemain Wolverhampton Wanderers merayakan gol Leander Dendoncker kontra Aston Villa pada laga lanjutan Liga Inggris, 27 Juni 2020.AFP/RUI VIEIRA Para pemain Wolverhampton Wanderers merayakan gol Leander Dendoncker kontra Aston Villa pada laga lanjutan Liga Inggris, 27 Juni 2020.

Sementara, 82 pekerjaan akan dipindahkan dari organisasi.

Sementara itu, Mark Bullingham mengatakan bahwa upaya mengurangi pekerjaan mubazir yang berarti juga memberi peluangan bagi pengurangan tenaga kerja adalah mengembalikan kembali fungsi FA.

Kebijakan ini dipercaya menghemat 75 juta poundsterling uang FA per tahunnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X