Cegah Virus Corona, Timnas U16 Indonesia Akan Rutin Tes Covid-19 Selama TC

Kompas.com - 27/06/2020, 20:50 WIB
Pencetak dua gol untuk Timnas U16 Indonesia , Marselino saat ujicoba melawan tim juara Soreatin 2019 U-17 PSBK Blitar yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/01/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPencetak dua gol untuk Timnas U16 Indonesia , Marselino saat ujicoba melawan tim juara Soreatin 2019 U-17 PSBK Blitar yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/01/2020) sore.

KOMPAS.com - PSSI menegaskan timnas U16 Indonesia akan rutin melakukan tes virus corona selama menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC).

Timnas U16 Indonesia dijadwalkan menjalani pemusatan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, pada 6-29 Juli 2020.

Pemusatan latihan tersebut dilakukan sebagai upaya mempersipakan timnas U16 Indonesia berlaga di Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung di Bahrain pada 25 November hingga 12 Desember 2020.

Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk mengikuti TC timnas U16 Indonesia ini.

Baca juga: Persiapan Piala Asia, 26 Pemain Timnas U16 Jalani TC di Bekasi 6-29 Juli 2020

Sadar bahwa TC ini dilakukan pada masa pandemi virus corona, PSSI pun telah membuat protokol atau ketentuan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Dokter timnas Indonesia, Syarif Alwi, mengatakan seluruh pemain dan ofisial bakal rutin melakukan tes virus corona.

“Yang pertama tes PCR (Polymerase Chaine Reaction), kami pastikan tidak ada yang kena Covid-19. Setelah itu rapid test berkala setiap TC minimal empat kali dalam sebulan kami lakukan,” kata dokter Syarif Alwi kepada wartawan.

"Maunya kami memang lebih bagus kalau semuanya melalui tes PCR," ucapnya.

Syarif Alwi mengakui bahwa tes PCR merupakan metode yang paling efektif untuk mendeteksi virus corona daripada rapid test.

Namun, dia menyadari untuk melakukan tes PCR tentu tidak mudah karena harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X