Lionel Messi: Sepak Bola Tak Akan Pernah Sama Setelah Pandemi

Kompas.com - 01/06/2020, 05:30 WIB
Penyerang Barcelona, Lionel Messi. David RamirezPenyerang Barcelona, Lionel Messi.

KOMPAS.com - Kapten Barcelona, Lionel Messi, memprediksi sepak bola tidak akan sama lagi setelah pandemi virus corona berakhir.

Lionel Messi menilai krisis kesehatan yang disebabkan virus corona pasti akan memengaruhi banyak sektor tak terkecuali sepak bola.

Selama menjalani isolasi mandiri di Spanyol, Messi mengaku sempat frustrasi melihat berita korban yang terus berjatuhan akibat virus corona.

Hal itulah yang membuat Messi pesimistis sepak bola bisa kembali normal dalam waktu dekat.

"Kita masih belum mengetahui bagaimana keadaan dunia setelah ini. Banyak orang sudah mengalami kesulitan seperti kehilangan keluarga dan teman dekat," kata Messi dalam wawancara dengan El Pais.

"Saya pikir banyak hal negatif yang ditimbulkan krisis ini. Namun, tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan orang yang paling Anda cintai," tutur Messi.

"Hal itu membuat saya frustrasi. Bagi saya, situasi sekarang tidak adil untuk semua orang," kata Messi.

"Sama seperti kehidupan pada umumnya, saya pikir sepak bola tidak akan pernah sama setelah pandemi," tutur Messi menambahkan.

Baca juga: Pernah Main di Stadion Kosong, Messi Akui Bertanding Tanpa Penonton Terasa Aneh

Apa yang dikatakan Messi terkait perubahan sepak bola karena pandemi sudah terjadi di Bundesliga, kasta teratas Liga Jerman.

Bundesliga menjadi kompetisi pertama dari lima liga top Eropa yang melanjutkan kompetisi terlebih dahulu pada 16 Mei 2020.

Halaman:


Sumber El Pais
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X