Protes Hasil Liga Belanda, AZ Alkmaar Surati UEFA

Kompas.com - 26/05/2020, 19:36 WIB
Ron Vlaar menjaga Mason Greenwood pada pertandingan AZ Alkmaar vs Mamchester United dalam lanjutan Liga Europa di Stadion ADO Den Haag, 3 Oktober 2019. AFP/JOHN THYSRon Vlaar menjaga Mason Greenwood pada pertandingan AZ Alkmaar vs Mamchester United dalam lanjutan Liga Europa di Stadion ADO Den Haag, 3 Oktober 2019.

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Liga Belanda yang dihentikan permanen lantaran pandemi corona membuat klub AZ Alkmaar merasa dirugikan.

Penghentian itu menghasilkan selisih gol yang dianggap menguntungkan juara Liga Belanda 2019-2020 Ajax Amsterdam.

Baca juga: Man United Vs AZ Alkmaar, Old Trafford dan Panggung Penyerang 18 Tahun

Ajax otomatis ikut jalur fase grup Liga Champions musim 2021.

Sementara, AZ Alkmaar harus mengikuti fase knock out yang lajurnya lebih panjang ketimbang fase grup.

Whoscored merilis 11 penampil terbaik di ajang Liga Champions musim ini. Screenshot Whoscored merilis 11 penampil terbaik di ajang Liga Champions musim ini.

KNVB yang menghentikan permanen Liga Belanda juga berkeputusan tidak ada degradasi dan promosi untuk musim liga tersebut.

AZ Alkmaar punya pertimbangan bahwa pihaknya semestinya bisa langsung masuk fase grup karena mengalahkan Ajax aik di partai tandang maupun kandang.

Ajax Amsterdam memimpin klasemen Liga Belanda seusai memenangi laga klasik, Ajax vs PSV, Minggu (27/10/2019). TWITTER.com/AFCAJax Ajax Amsterdam memimpin klasemen Liga Belanda seusai memenangi laga klasik, Ajax vs PSV, Minggu (27/10/2019).

"Perbedaan jumlah gol bukanlah hal yang bisa membedakan begitu saja," kata pihak AZ Alkmaar.

Dengan dasar pertimbangan itulah, AZ Alkmaar berkorespondensi ke UEFA untuk meminta agar klub bisa ikut fase grup Liga Champions.

Staf pelatih tim nasional Belanda, Marco van Basten, Danny Blind, Ruud van Nistelrooy, bakal dipertahankan KNVB.AFP Staf pelatih tim nasional Belanda, Marco van Basten, Danny Blind, Ruud van Nistelrooy, bakal dipertahankan KNVB.

Di dalam negeri, KNVB sudah mengatakan tidak mengubah keputusan yang sudah diambil.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber FirstPost
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X