Mengenang Masa Sulit Persib, Terpuruk di Papan Bawah dan Terancam Degradasi

Kompas.com - 09/05/2020, 20:50 WIB
Logo Persib Bandung. TWITTER.com/PERSIBLogo Persib Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Di sepak bola Indonesia, nama Persib Bandung harum dikenal sebagai tim besar dan berprestasi. Klub berjulukan Maung Bandung itu mampu mengoleksi tujuh gelar juara kompetisi, lima di kompetisi Perserikatan dan dua gelar juara Liga Indonesia.

Koleksi trofi Persib hanya kalah dari Persija Jakarta yang sudah mencatatkan 11 gelar juara liga, dan Persebaya Surabaya Surabaya dengan delapan kali juara.

Artinya, Persib adalah tim dengan koleksi trofi terbanyak ketiga di kompetisi nasional.

Meski tercatat sebagai salah satu tim tersukses di Indonesia, bukan berarti Persib tak pernah mengalami masa sulit nan suram.

Pada era Liga Indonesia, Maung Bandung pernah dua kali terpuruk di papan bawah klasemen kompetisi hingga menghadapi ancaman degradasi.

Nestapa pada musim 2003

Setelah meraih gelar juara pada Liga Indonesia edisi pertama musim 1994-1995, prestasi Persib mengalami kemerosotan. Mereka harus mengalami puasa gelar dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Liga Indonesia 2003, sebuah gebrakan dilakukan pengurus Persib, dengan menunjuk Marek Andrzej Sledzianowski sebagai pelatih anyar.

Pelatih asal Polandia ini tidak datang sendiri, dia mengajak serta empat pemain dari negaranya ke Persib.

Keempat pemain tersebut adalah Maciej Dolega, Piotr Orlinski, Mariusz Mucharski, dan Pavel Bochian. Keempat pemain tersebut pun tercatat sebagai pemain asing angkatan pertama di tim Persib.

Baca juga: Persib Ungguli Klub Top Liga Inggris soal Interaksi di Facebook

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.