Sosok Kapten Arsenal Pertama yang Mencetak Gol pada Final Piala FA

Kompas.com - 30/04/2020, 15:20 WIB
Bek Arsenal Per Mertesacker (2 dari kanan) mendapat sambutan dari rekan setim, Francis Coquelin (2 dari kiri), setelah mencetak gol ke gawang Sydney FC dalam pertandngan pra-musim di Sydney, Kamis (13/7/2017). WILLIAM WEST/AFPBek Arsenal Per Mertesacker (2 dari kanan) mendapat sambutan dari rekan setim, Francis Coquelin (2 dari kiri), setelah mencetak gol ke gawang Sydney FC dalam pertandngan pra-musim di Sydney, Kamis (13/7/2017).

KOMPAS.com - Juara Piala FA edisi 2015 menjadi salah satu prestasi yang mampu ditorehkan Arsenal dalam lima tahun terakhir.

Mereka keluar sebagai juara setelah menumbangkan Aston Villa dengan skor telak 4-0.

Di balik raihan tersebut, sejarah lain tercipta. Dilansir dari Opta, Per Mertesacker tercatat sebagai kapten Arsenal pertama yang mampu mencetak gol dalam final Piala FA.

Pada laga pamungkas itu, Mertesacker sukses menyumbangkan gol ketiga setelah memanfaatkan umpan Santi Cazorla pada menit ke-62.

Adapun tiga gol lainnya dibukukan oleh Theo Walcott (40'), Alexis Sanchez (50'), dan Olivier Giroud (90+3').

Baca juga: Wenger Bahagia Mertesacker Bisa Kembali Main dan Bawa Arsenal Juara

Per Mertesacker bergabung dengan Arsenal sejak awal musim 2011-2012.

Sebelumnya, bek berkebangsaan Jerman itu bermain untuk salah satu klub peserta Bundesliga, Werder Bremen.

Selama berseragam The Gunners, julukan Arsenal, Mertesacker mencatatkan 221 penampilan dengan raihan 10 gol dan empat assist.

Soal gelar, dia berhasil mempersembahkan lima trofi. Selain Piala FA 2015, Mertesacker juga berhasi membawa Arsenal menjuarai turnamen serupa pada dua edisi berbeda, 2014 dan 2017.

Adapun dua trofi lainnya direngkuh pada ajang Community Shield 2015 dan 2017.

Baca juga: Kisah Eks Kiper Arsenal Terciduk Merokok di Ruang Ganti hingga Wenger Murka

Saat ini, Mertesacker telah pensiun sebagai pesepak bola.

Dia tercatat gantung sepatu pada Juli 2018, dengan Arsenal sebagai klub yang terakhir ia bela.

Laga lanjutan pekan ke-37 Liga Inggris musim 2017-2018 melawan Burnley, 6 Mei 2018, adalah laga terakhirnya bersama The Gunners.

Dalam laga yang berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan Arsenal itu, Per Mertesacker masuk menggantikan Calum Chambers pada menit ke-77.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X