Tips Cegah Virus Corona ala Wonderkid Persebaya, Hambali Tolib

Kompas.com - 17/03/2020, 10:20 WIB
Pemain muda sekaligus pencetak gol untuk Persebaya Surabaya, Hambali Tholib saat penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Senin (10/02/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain muda sekaligus pencetak gol untuk Persebaya Surabaya, Hambali Tholib saat penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Senin (10/02/2020) sore.

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemain muda Persebaya Surabaya, Hambali Tolib, berbagi tips untuk menghindarkan diri dari virus corona.

Di tengah merebaknya virus corona, Hambali Tholib tidak menunjukan tanda-tanda penurunan fisik.

Sebaliknya, fisik pemain asal Makassar tersebut justru tetap bugar dan tanpa kewalahan dalam melahap latihan berat yang diberikan Persebaya Surabaya.

Baca juga: Kebobolan 5 Gol dalam 2 Laga, Persebaya Merindukan Miswar Saputra?

Hambali mengatakan bahwa kunci utamanya adalah selalu bersyukur dengan nikmat kesehatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

"Tips dari saya agar tetap bugar selama isu virus ini, yang pertama bersyukur atas kesehatan yang diberikan, wudu, salat, dan berdoa," kata Hambali kepada Kompas.com.

Selain berdoa dan bersyukur, Hambali Tholib mengatakan menjaga kondisi tubuh juga menjadi bagian penting dalam usaha menjauhkan diri dari virus corona.

Pasalnya, sebaik-sebaiknya doa akan lebih mustajab jika dibarengi dengan usaha dan ikhtiar berkesinambungan.

Tidak muluk-muluk, Hambali Tholib menjaga kebugaran tubuhnya dengan menerapkan hidup sehat dan juga menghindarkan diri dari pikiran-pikiran negatif.

"Harus stay healthy. Menjaga makanan, menjaga kondisi tubuh, olahraga rutin dan stay positive thinking apapun itu," ucap pemain yang baru berusia 19 tahun tersebut.

Di sisi lain, mantan pemain Persela Lamongan tersebut mengakui memiliki kecemasan tersendiri mengenai merebaknya virus bernama lain Covid-19 tersebut.

Baca juga: Kompetisi Berhenti Dua Pekan, Persebaya Gelar Latihan Tertutup

 

Kini, dia jauh lebih waspada dan juga lebih rajin dalam menjaga kebersihan, baik dirinya secara pribadi maupun lingkungannya.

"Iya, saya jadi was-was juga soal virus ini. Sekarang jadi cuci tangan lebih sering, Ya pokoknya kami meminta perlindungan sama Allah," ujar pemain bernomor punggung 89 itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X