Kisah Barito Putera yang Didirikan di Rumah Sakit

Kompas.com - 21/02/2020, 07:20 WIB
8 pemain Barito Putera mengenakan jersey yang akan digunakan selama mengarungi Liga 1 2020 saat launching tim dan jersey, Kamis (20/2/2020) malam. Warna kuning masih menjadi warna kebanggaan klub berjuluk Laskar Antasari ini. KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR8 pemain Barito Putera mengenakan jersey yang akan digunakan selama mengarungi Liga 1 2020 saat launching tim dan jersey, Kamis (20/2/2020) malam. Warna kuning masih menjadi warna kebanggaan klub berjuluk Laskar Antasari ini.

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Barito Putera resmi meluncurkan tim dan jersey untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

Acara tersebut digelar secara sederhana dengan nuansa religius di kediaman KH Ahmad Zuhdiannoor, di Jalan Masjid Jami, Banjarmasin, Kamis (20/2/2020) malam.

Peluncuran tim dan jersey itu dihadiri langsung oleh pemilik klub, Hasnuryadi Sulaiman, yang juga merupakan anggota Exco PSSI.

Dalam sambutannya, Hasnur, panggilan akrabnya, mengisahkan sejarah pembentukan tim berjuluk Laskar Antasari ini.

Baca juga: Bagas Kaffa Debut, Barito Putera Menang 8-0

Barito Putera, kata Hasnur, didirikan oleh ayahnya, H Abdussamad Sulaiman HB, saat terbaring lemas di salah satu rumah sakit di Jakarta pada tanggal 21 April 1988.

Waktu itu, Abdussamad bersiap menjalani operasi atas penyakit yang dideritanya.

"Saya ingat betul bagaimana klub ini didirikan. Barito ini didirikan oleh abah saya di rumah sakit. Mungkin klub ini satu-satunya di dunia yang didirikan di rumah sakit," ucap Hasnur dalam sambutannya.

Waktu itu, ujar Hasnur, ayahnya ingin melihat ada klub asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mampu berprestasi di kancah nasional.

Nama Barito sendiri menurutnya diambil dari nama sungai yang menghubungkan antara Kalsel dan Kalteng, yakni Sungai Barito.

Sedangkan kata Putera di depan kata Barito dilambangkan sebagai pemuda-pemuda asal Kalsel.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X