Kick-off Babak Ketiga Piala FA Mundur 1 Menit, Ada Peran Pangeran William

Kompas.com - 04/01/2020, 14:00 WIB
Pangeran William memberikan medali pemenang kepada pemain Manchester City, Riyad Mahrez serta Gabriel Jesus, seusai final Piala FA antara Man City dan Watford di Stadion Wembley, London, pada 18 Mei 2019. Man City menang 6-0 pada laga tersebut. AFP/DANIEL LEAL-OLIVASPangeran William memberikan medali pemenang kepada pemain Manchester City, Riyad Mahrez serta Gabriel Jesus, seusai final Piala FA antara Man City dan Watford di Stadion Wembley, London, pada 18 Mei 2019. Man City menang 6-0 pada laga tersebut.

KOMPAS.com - Semua partai Piala FA akhir pekan 4-5 Januari 2020 bakal berlangsung dengan kick-off yang ditunda selama satu menit. Hal ini merupakan bagian dari kampanye "Take A Minute", mengambil waktu sejenak untuk berpikir mengenai kesehatan mental.

Semua kick-off 32 partai Babak Ketiga Piala FA, tak termasuk pertandingan ulang, akan mundur satu menit dari jadwal awal, baik yang ditayangkan televisi maupun tidak.

Alhasil, waktu kick-off pertandingan menjadi pukul 15.01, 12.16, dan 19.46 waktu lokal.

Diharapkan, inisiatif ini akan meningkatkan kesadaran soal pentingnya kesehatan mental, dengan 60 detik mewakili langkah-langkah pertama dalam perjalanan menuju pemulihan penuh.

Baca juga: Dua Detail Penting Kedatangan Takumi Minamino ke Liverpool

Selama satu menit tersebut, para fans diharapkan untuk mempertimbangkan dampak positif yang 60 detik dapat berikan dalam hidup mereka atau dalam mendukung teman-teman dan keluarga mereka.

Kampanye "Take A Minute" merupakan usaha gabungan dari Football Association (PSSI-nya Inggris) dan Heads Together, suatu inisiatif kesehatan mental yang dikepalai oleh Pangeran William dan Kate Middleton serta Prince Harry.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengubah stigma dan pembicaraan mengenai kesehatan mental. Mereka juga mempelopori beberapa inisiatif baru untuk jasa-jasa kesehatan mental di Inggris.

Pangeran William sendiri merupakan Presiden Football Association. Sesuai kapasitas tersebut, sang Duke of Cambridge secara historis menjadi sosok yang memberikan trofi Piala FA ke tim pemenang pada akhir kompetisi.

Baca juga: Kendati Menang Bersama Derby, Gaji Wayne Rooney Sempat Telat Dibayar

"Dalam hidup, seperti juga sepak bola, kita akan menjalani naik dan turun," tutur Pangeran William dalam sebuah film pendek yang akan dimainkan sebelum kick-off pada laga-laga Piala FA akhir pekan ini.

"Kita semua boleh merasa stress atau tertekan. Bahkan hal-hal terkecil bisa menjadi sangat sulit. Namun, kita semua bisa memulai untuk mengubah banyak hal."

"Kampanye ini akan menunjukkan bagaimana langkah-langkah kecil bisa Anda tempuh untuk membenahi kesehatan mental Anda - membantu meningkatkan mood, memperbaiki pola tidur, dan bersiap untuk menghadapi naik turunnya hidup," lanjutnya.

Baca juga: Usai Pesta Tahun Baru, Mario Balotelli Tabrak Gerbang Rumah Tetangga

Bunuh diri merupakan salah satu isu sosial terbesar di Inggris Raya. Menurut Badan Statistik Nasional Inggris, terdapat 5821 kematian terdaftar yang disebabkan oleh bunuh diri di Inggris Raya sepanjang 2017.

Angka ini diterjemahkan menjadi rata-rata 16 bunuh diri per hari atau satu tim sepak bola plus lima pemain pengganti di bangku cadangan setiap 24 jam.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X