Alasan di Balik Pensiunnya Bambang Pamungkas

Kompas.com - 18/12/2019, 21:40 WIB
Suporter Persija Jakarta membawa tas bergambar Bambang Pamungkas saat melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Dalam laga tersebut Bambang Pamungkas mengakhiri karirnya di sepak bola sebagai pemain. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATSuporter Persija Jakarta membawa tas bergambar Bambang Pamungkas saat melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Dalam laga tersebut Bambang Pamungkas mengakhiri karirnya di sepak bola sebagai pemain.

KOMPAS.com - Legenda sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas, resmi gantung sepatu alias pensiun.

Laga terakhirnya ialah saat ia memperkuat Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Duel Persija vs Persebaya merupakan lanjutan pekan ke-33 Liga 1 2019.

Pada pertandingan tersebut, Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas, masuk lapangan pada menit ke-75, menggantikan Sandi Darma Sute.

Baca juga: Bambang Pamungkas dan soal Memfasilitasi Kebencian di Komentar Instagram

Bepe pun menjelaskan mengapa ia akhirnya memutuskan pensiun pada usia 39 tahun.

"Harus diakui badan saya tidak bisa merespons lagi. Tahun ini cedera saya paling banyak dalam 10 tahun terakhir," ucapnya, dilansir Antara.

Menurut Bambang, kondisi badannya berbeda dengan rekan setimnya, Ismed Sofyan, yang meski sudah beruumur 40 tahun tetap mampu bermain penuh satu pertandingan.

Hal itu pula yang menjadi alasan Bambang tidak gantung sepatu bareng dengan Ismed.

"Ismed masih bisa diandalkan. Tadi ketika menuliskan pesan di bajunya, saya buat kalimat, 'Jangan sedih, Boy. Semoga bisa bermain sampai berumur 50 tahun'," kata Bambang.

Kendati sudah pensiun, Bepe merasa tidak benar-benar berpisah dengan Persija karena ia selalu mendapatkan dukungan dari warga Jakarta dan suporter klub, Jakmania.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X