Bambang Pamungkas dan soal Memfasilitasi Kebencian di Komentar Instagram

Kompas.com - 18/12/2019, 16:20 WIB
Pesepak bola Persija Jakarta Bambang Pamungkas (tengah) memasuki lapangan saat melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Dalam laga tersebut Bambang Pamungkas mengakhiri karirnya di sepak bola sebagai pemain. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPesepak bola Persija Jakarta Bambang Pamungkas (tengah) memasuki lapangan saat melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Dalam laga tersebut Bambang Pamungkas mengakhiri karirnya di sepak bola sebagai pemain.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang berbeda dari unggahan Instagram milik Bambang Pamungkas pada Selasa (17/12/2019) kemarin.

Unggahannya berisi momen perpisahan Bepe, sapaannya, dari dunia sepak bola profesional.

Bepe mengakhiri kariernya sebagai pemain sepak bola saat laga pekan ke-33 Liga 1 2019 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam.

Usai pertandingan, akun Instagram Bepe membuat unggahan yang tak biasa dari unggahan-unggahan yang ada sebelumnya, yakni bisa dikomentari pengguna Instagram yang lain.

Sebagai informasi, Bepe diketahui sudah sejak lama menutup kolom komentar di akun Instagramnya.

Ia tak menyebutkan pasti kapan mulai melakukannya. Jika ditelusuri, unggahan terakhir Bepe di Instagram yang masih bisa dikomentari adalah unggahannya pada tanggal 26 Februari 2017.

Pada 28 Februari 2017, unggahannya sudah tidak lagi memuat kolom komentar sampai akhirnya tiba momen ia memutuskan pensiun pada 17 Desember kemarin.

Baca juga: Bepe Pensiun, yang Tak Ingin Ada Bambang Pamungkas Selanjutnya...

Pada Juni 2019, Bepe sempat membeberkan alasannya tak membuka kolom komentar di akun Instagramnya.

Salah satu hal yang disinggungnya adalah keengganannya untuk memfasilitasi kebencian.

"Banyak orang yang kecewa, dan kemudian bertanya kepada saya. Pertanyaannya kira-kira begini, 'kenapa sih komentar di Instagramnya ditutup?'. Jawaban 'asal' sekena saya biasanya begini, 'dibuka agar apa?'. Pertanyaan yang saya jawab dengan pertanyaan, biar cepat saja pikir saya," kata Bepe melalui blog pribadinya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X