Peta Liga 1 2020, 12 di Jawa, 6 Luar Jawa, Tandang dari Aceh ke Papua

Kompas.com - 15/12/2019, 09:15 WIB
Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (9/5/2019) twitter.com/PERSIPURAStadion Mandala, Jayapura, Kamis (9/5/2019)
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga tim yang harus terdegradasi dari Liga 1 2019 sudah dipastikan. Ketiganya adalah Perseru Badak Lampung FC, Semen Padang, dan Kalteng Putra.

Dengan demikian, 18 tim peserta Liga 1 2020 sudah bisa dipastikan. Pasalnya, sudah ada tiga tim Liga 2 yang memastikan naik tingkat.

Pada akhir November lalu, Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh memastikan promosi seiring rampungnya Liga 2 2019.

Liga 1 2020 akan diikuti 13 tim dari Pulau Jawa dan hanya enam yang berada di luar Jawa.

Jumlah tim luar Jawa tahun 2020 lebih sedikit dibanding musim 2019 yang berjumlah delapan tim.

Enam tim luar Jawa yang akan bertarung adalah Persiraja (Aceh), Barito Putera, Borneo FC (Kalimantan), PSM Makassar (Sulawesi), Bali United (Bali), dan Persipura Jayapura ( Papua).

Masuknya Persiraja ke Liga 1 memunculkan fakta menarik. Hadirnya Persiraja membuat ada jarak laga away terjauh dalam sejarah persepakbolaan Indonesia, yakni dari Banda Aceh ke Jayapura.

Baca juga: Cerita Pesawat Presiden dan Duel Persiraja Vs Persipura di Liga 1 2020

Persiraja dan Persipura tercatat belum pernah saling bersua dalam sebuah kompetisi resmi era profesional di Indonesia.

Saat masa-masa awal Liga Indonesia, kompetisi masih menggunakan format per wilayah, belum kompetisi penuh seperti saat ini.

Banda Aceh dan Jayapura tercatat terpisah dalam jarak garis lurus mencapai sekitar 5.121 kilometer.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X