Jalan Takdir Li Qiujiang dan Dominasi Tim Voli Putra dalam SEA Games 2019

Kompas.com - 12/12/2019, 17:00 WIB
Pelatih baru timnas bola voli putra Indonesia, Li Qiujiang. BOLASPORT.COM/DELIA MUSTIKASARIPelatih baru timnas bola voli putra Indonesia, Li Qiujiang.

KOMPAS.com - Perjalanan dominan tim voli putra Indonesia pada SEA Games 2019 bisa saja menempuh jalur berbeda apabila PP PBVSI mendapatkan seorang pelatih Korea Selatan yang menjadi pilihan utama mereka dan bukan Li Qiujiang jelang pagelaran akbar di Filipina tersebut.

Tim voli putra Indonesia memang menghadirkan performa sempurna di Filipina. Nizar Zulfikar cs menyapu bersih semua lawan tanpa kalah satu set pun semenjak laga pertama.

Merah Putih sempurna di Grup B dengan tiga kemenangan sempurna kontra Vietnam, Kamboja, serta Filipina.

Baca Juga: Profil Doni Haryono, Pevoli Putra Indonesia dan MVP SEA Games 2019

Pada semifinal, anak asuh pelatih Li Qiujiang tersebut mengempaskan Myanmar juga dengan tiga set langsung.

Dalam laga final, Indonesia kembali bertemu dengan tuan rumah Filipina.

Sang tuan rumah menjadi favorit pada laga pamungkas ini setelah menyudahi perlawanan Thailand, juara bertahan empat kali, dengan sebuah comeback fantastis.

Akan tetapi, tim voli putra Indonesia berjaya lewat kemenangan straight set 25-21, 27-25, dan 25-17 di Philsports Arena, Manila, Selasa (10/12/2019).

Hasil tersebut merupakan medali emas pertama Merah Putih di cabor ini dalam 10 tahun terakhir.

Namun, perjalanan tim voli putra Indonesia dalam SEA Games 2019 bisa saja berbeda karena PP PBVSI sebenarnya ingin menunjuk seorang pelatih asal Korea Selatan yang enggan mereka sebutkan namanya untuk memimpin tim di Filipina.

PP PBVSI baru kembali ke sosok pelatih Li Qiujiang setelah mereka tak kunjung mendapat kabar dari negeri Ginseng yang ditengarai karena waktu yang sudah mepet dan juga nominal remunerasi yang terlampau mahal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya