Generasi Pebalap MotoGP Datang dan Pergi, tetapi Tidak Valentino Rossi

Kompas.com - 15/11/2019, 06:40 WIB
Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi saat masih menjadi rekan setim di Yamaha pada periode 2013-2016. JOSE JORDAN/AFP PHOTOJorge Lorenzo dan Valentino Rossi saat masih menjadi rekan setim di Yamaha pada periode 2013-2016.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Pebalap MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, sudah mengumumkan keputusannya untuk pensiun pada akhir musim 2019 ini, Kamis (14/11/2019).

Dengan demikian, seri MotoGP Valencia pada 17 November mendatang akan menjadi balapan terakhir bagi pebalap yang kini sudah menginjak usia 32 tahun itu.

Lorenzo sudah 17 tahun berkiprah di ajang MotoGP, dengan koleksi lima gelar juara dunia, tiga di antaranya di kelas utama, masing-masing pada musim 2010, 2012, dan 2015.

Lorenzo memang mengalami penurunan performa dalam beberapa tahun terakhir, tepatnya setelah hengkang dari Yamaha pada akhir 2016.

Baca juga: Resmi, Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Pasca-pindah dari Yamaha, Lorenzo sempat berlabuh di pabrikan Italia, Ducati. Selama di Ducati, Lorenzo mengalami kesulitan untuk memenangi balapan.

Mulai musim 2019, Lorenzo hengkang ke Repsol Honda. Namun, di tim tempat bernaung sang juara dunia Marc Marquez itu, ia juga tak kunjung tampil mengesankan.

Sepanjang musim 2019, Lorenzo juga sempat beberapa kali absen akibat cedera. Sampai akhirnya, ia mengumumkan pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya itu.

Baca juga: Rossi, Lorenzo dan Zarco, Nyaman di Yamaha, Susah dengan Motor Lain

"Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pebalap; balapan pertama, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan kemudian hari Anda pensiun," kata Lorenzo, dikutip dari Crash.net.

"Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini (MotoGP Valencia) akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP," ucap pebalap yang masuk kelas utama tahun 2008 silam itu.

Pensiunnya Lorenzo membuat semakin sedikit pebalap era 2000-an awal yang kini tersisa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X