Masih Banyak Kesalahan, Penggunaan VAR di Liga Inggris Belum Maksimal

Kompas.com - 13/09/2019, 17:20 WIB
Kompetisi Liga 1 2019 dapat dipastikan tidak akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) AFPKompetisi Liga 1 2019 dapat dipastikan tidak akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR)

KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Wasit Inggris, Mike Riley, mencatat ada empat kesalahan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) oleh wasit sejauh Liga Inggris 2019-2020 bergulir.

Liga Inggris 2019-2020 untuk kali pertama menggunakan Video Assistan Referee (VAR).

VAR bisa digunakan sebagai rujukan jika ada kejadian-kejadian yang luput dari mata wasit.

Sang wasit bisa melihat tayangan ulang lewat VAR yang terletak di pinggir lapangan sebelum membuat keputusan.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris dan Jadwal Pekan Kelima Premier League

Sederhananya, VAR bisa digunakan untuk mereduksi kesalahan wasit dalam mengambil keputusan yang kerap menimbulkan kontroversi.

Akan tetapi, pada praktiknya, penggunaan VAR di kompetisi tertinggi tanah Britania masih menemui berbagai kendala, bahkan menimbulkan kesalahan.

Dilansir dari Sky Sports, Jumat (13/9/2019), VAR sudah diterapkan dalam 40 pertandingan dalam empat pekan pertama Liga Inggris 2019-2020.

Selama itu pula, terdapat 227 kejadian yang melibatkan VAR, enam di antaranya berujung pada pengunahan keputusan sang pengadil di atas lapangan.

Baca juga: Pengusaha Indonesia Miliki Saham di Klub Liga Inggris

"Dari seluruh pertandingan selama empat pekan, ada sejumlah contoh kejadian yang melibatkan VAR," kata Ketua Asosiasi Wasit Inggris, Mike Riley.

"Ada enam insiden di mana VAR memberi saran kepada wasit dan berujung kepada keputusan yang tepat," kata Mike Riley menambahkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X