Menkominfo Rudiantara Meminta agar Atlet eSports Tidak Diremehkan

Kompas.com - 28/08/2019, 18:41 WIB
Menkominfo RI, Rudiantara, memberikan sambutan di acara konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019, Jakarta, pada Selasa (27/8/2019). BOLASPORT.com/Andreas JoeviMenkominfo RI, Rudiantara, memberikan sambutan di acara konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019, Jakarta, pada Selasa (27/8/2019).

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mendukung industri eSports agar tumbuh berkembang di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa eSports dapat menjadi ajang kebanggaan bagi Merah Putih dalam event internasional.

Hal ini Menkominfo Rudiantara tekankan pada sesi konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019 di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

IDBYTE merupakan konferensi teknologi dwi tahunan di Indonesia yang pada tahun ini fokus ke industri eSports.

ESports, sebagai jalur prestasi, bisa menjadi salah satu aspek penting dalam melibatkan orang tua dan sekolah untuk memitigasi ekses negatif terlalu banyak bermain game.

Apalagi, turnamen eSports akan dipertandingkan dalam event-event olahraga bergengsi internasional mulai tahun ini.

Esports memang sudah menghiasi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang tetapi hanya sebagai laga ekshibisi.

Baca Juga: Sang Golden Girl, PV Sindhu Menjadi Atlet Wanita India dengan Bayaran Termahal

"Kita bisa melihat dari jalur prestasi. SEA Games tahun ini akan mempertandingkan eSports, pun juga pada Asian Games 2022. Saya yakin, pada waktunya, eSports juga akan dipertandingkan di Olimpiade," ucapnya kepada wartawan.

"Kita jangan meremehkan atlet eSports. Kalau dipertandingkan, eSports tidak beda dengan olahraga seperti catur. Esports memerlukan kemampuan otak dan fisik," tuturnya.

Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, 60 tahun lalu ini mengatakan bahwa jadwal latihan tim-tim eSports ini memerlukan fisik dan gizi prima agar melahirkan atlet berprestasi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X