Eks Kiper: Man United Usai Ferguson bak iPhone dengan Charger Nokia

Kompas.com - 11/06/2019, 09:40 WIB
Ekspresi manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, saat mengangkat trofi Liga Inggris musim 2012-2013 seusai laga menghadapi Swansea City di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 12 Mei 2013.AFP PHOTO / ANDREW YATES Ekspresi manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, saat mengangkat trofi Liga Inggris musim 2012-2013 seusai laga menghadapi Swansea City di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 12 Mei 2013.

KOMPAS.com - Pensiunnya Sir Alex Ferguson bisa dibilang telah membuat Manchester United berada dalam masa-masa sulit.

Sejak Ferguson pensiun pada 2013, Man United tak pernah lagi menjuarai Premier League. Setan Merah bahkan kerap tertatih untuk sekadar lolos ke Liga Champions.

Musim 2018-2019, Man United bahkan gagal meraih satu pun trofi dan hanya finis di posisi keenam.

Mantan kiper Man United, Anders Lindegaard, mengakui pensiunnya Ferguson berdampak besar terhadap Man United. Pemain Denmark ini pernah bergabung dari 2010-2015 sehingga merasakan langsung masa transisi.

Baca juga: Tim Liverpool Sekarang Kalahkan Semua Skuat Juara Sir Alex Ferguson

"Rasanya lebih seperti kami tidak bisa menyesuaikan diri dengan cara hidup yang baru, seperti mencoba mengisi baterai iPhone dengan charger Nokia. Semua berjalan lambat dan datar," katanya kepada Evening Standard.

Anders Lindegaard (kiri), Rio Ferdinand (tengah), dan Michael Carrick saat menjalani tur di Sydney, Australia, pada 20 Juli 2013.GREG WOOD/AFP Anders Lindegaard (kiri), Rio Ferdinand (tengah), dan Michael Carrick saat menjalani tur di Sydney, Australia, pada 20 Juli 2013.

Lindegaard menilai tak ada satu pun yang patut disalahkan atas kondisi Man United saat ini, termasuk David Moyes, pelatih pertama Man United setelah Fergie.

Moyes tak sampai semusim di Man United. Ia dipecat setelah penampilan buruk Man United sepanjang musim 2013-2014.

"Saya akan menunjuk kepada diri saya dan semua orang yang terlibat dengan Man United, baik pada level profesional maupun emosional. Kami semua harus disalahkan," kata Lindegaard.

Baca juga: Ibrahimovic Minta Man United Lupakan Sir Alex Ferguson

"Tidak ada dari kami yang bisa menerima perubahan untuk Man United kami tercinta. Kami semua berpikir semuanya harus tetap sama dan kami akan terus berhasil. Itu hanya ilusi," katanya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X