Penyerang Buangan Man United Jadi Pangeran Kebangkitan Belanda

Kompas.com - 09/06/2019, 20:20 WIB
Virgil van Dijk dan Memphis Depay merayakan gol pada laga Timnas Belanda vs Belarus di De Kuip pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, 21 Maret 2019. TWITTER.com/ONSORANJE Virgil van Dijk dan Memphis Depay merayakan gol pada laga Timnas Belanda vs Belarus di De Kuip pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, 21 Maret 2019.

KOMPAS.com - Timnas Belanda bangkit dalam setahun terakhir di bawah kepemimpinan Ronald Koeman. Memphis Depay menjadi pemain yang perkembangannya paling menonjol di bawah sang pelatih.

Timnas Belanda akan melakoni laga final UEFA Nations League kontra Timnas Portugal pada Senin (10/6/2019) dini hari WIB.

Laga di Estadio do Dragao, Porto, tersebut merupakan final pertama Timnas Belanda di kancah internasional sejak Piala Dunia 2010.

Partai tersebut bakal menjadi puncak kebangkitan Timnas Belanda sejak Ronald Koeman menjadi pelatih pada Februari 2018.

Baca Juga: Jadwal Final UEFA Nations League - Duel Seru Portugal Vs Belanda

Pemain yang paling menikmati kepemimpinan Koeman adalah Memphis Depay.

Timnas Belanda mencetak 25 gol di bawah kepemimpinan Ronald Koeman. Dari jumlah itu, satu di antaranya datang lewat gol bunuh diri lawan (Kyle Walker, Belanda vs Inggris pada semifinal UEFA Nations League)

Sebanyak 15 sisanya datang lewat kontribusi Memphis Depay. Mantan bomber Manchester United yang kini memperkuat Olympique Lyon tersebut mencetak 8 gol dan membukukan 7 assist sejak Belanda dilatih Koeman.

Angka-angka tersebut melebihi pemain-pemain lain di timnas Belanda. Bahkan, top skor kedua Tim Oranje sejak Koeman melatih adalah Virgil van Dijk dengan torehan empat gol.

Baca Juga: Final Australian Open 2019 - Jonatan Christie Sumbang 1 Gelar dan China Juara Umum

Setelah itu ada nama-nama Quincy Promes dan Georginio Wijnaldum yang masing-masing mencetak dua gol.

Memphis Depay paling produktif bagi timnas Belanda ketika kontra Belarus. Kala itu ia membukukan dua gol dan memberi dua assist dalam kemenangan 4-0 Oranje.

Dengan kata lain, pemain berusia 25 tahun ini mencetak delapan gol dalam setahun terakhir, sama banyak dengan torehan sang pemain dalam empat tahun pertamanya bagi Timnas Belanda.

Memphis Depay membuat debutnya bersama Timnas Belanda pada 15 Oktober 2013 saat Oranje bermain lawan Turki dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X