Copa America 2019, Turnamen Pertama Sejak 1991 Tanpa Meksiko

Kompas.com - 08/06/2019, 10:20 WIB
Para pemain Meksiko merayakan gol ke gawang Amerika Serikat pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Mexico City, 11 Juni 2017. 
AFP/YURI CORTEZ Para pemain Meksiko merayakan gol ke gawang Amerika Serikat pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Mexico City, 11 Juni 2017.

KOMPAS.com - Turnamen sepak bola antar negara-negara Amerika Selatan, Copa America akan kembali bergulir di Brasil pada 14 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Tak seperti biasanya, kali ini tak akan ada keterlibatan Meksiko.

Meski bukan anggota resmi Conmebol, Meksiko cukup rutin terlibat dalam ajang Copa America dengan status tim undangan.

Sejak 1993, El Tri selalu menjadi satu dari dua tim undangan. Jadi, Copa America 2019 akan jadi turnamen pertama sejak 1991 yang tak akan diikuti Meksiko.

Baca juga: Jelang Copa America, Argentina Kembali Berharap Keajaiban Messi

Conmebol sendiri sudah mengundang dua tim asal Asia, yakni Qatar dan Jepang.

"Copa America Brasil 2019 akan menjadi kompetisi yang penuh semangat di mana siapa pun dapat memenangkan gelar. Selain memiliki partisipasi tim nasional dari 10 anggota asosiasi kami, kami sekali lagi menyambut tim nasional Jepang, yang asosiasinya kami miliki hubungan dekat persahabatan dan hubungan baik,"

"Dan, untuk pertama kalinya, kita akan memiliki partisipasi tim nasional Qatar, yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022," kata Presiden Conmebol, Alejandro Dominguez.

Final Piala Asia 2019 antara tim nasional Jepang dan Qatar pada Jumat (1/2/2019). Dok. Twitter AFC Final Piala Asia 2019 antara tim nasional Jepang dan Qatar pada Jumat (1/2/2019).

Terlepas dari akan adanya Piala Emas Concacaf, hubungan antara federasi Meksiko dan Conmebol disebut memang mulai merenggang dalam beberapa tahun terakhir.

Meksiko menarik diri keluar dari Copa Libertadores, kejuaraan antar klub Amerika Selatan, dengan alasan kesulitan mengatur jadwal liga domestik setelah adanya restrukturisasi Libertadores.

Sebaliknya, Liga Meksiko mulai menjalin hubungan intens dengan tetangganya di utara, Major League Soccer. Kedua pihak bahkan sudah berencana bekerja sama untuk turnamen di masa depan.

Baca juga: Neymar Absen di Copa America 2019

Sementara itu, belum ada alasan resmi yang diberikan terkait diundangnya Jepang dan Qatar. Meskipun hal itu kemungkinan berkaitan dengan hasil Piala Asia 2019.

Jepang dan Qatar adalah finalis untuk turnamen tahun ini yang berakhir dengan kemenangan 3-1 Qatar di final.

Jepang sudah pernah ikut Copa America pada 1999. Sedangkan Qatar belum pernah bermain di Copa America sebelumnya dan akan memanfaatkannya agar membiasakan diri dengan standar sepak bola yang lebih tinggi sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Pada Copa America 2019, Qatar akan tergabung di Grup B bersama dengan Argentina, Kolombia dan Paraguay, sedangkan Jepang di Grup C bersama Uruguay, Cile dan Ekuador.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X