Rencana Format Baru Liga Champions Tahun 2024, Ada Sistem Degradasi

Kompas.com - 07/06/2019, 15:00 WIB
Para pemain Liverpool merayakan kemenangan dengan trofi juara usai melawan Tottenham Hotspur pada final Liga Champions 2019 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari. Liverpool menjadi juara Liga Champions 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0.AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Para pemain Liverpool merayakan kemenangan dengan trofi juara usai melawan Tottenham Hotspur pada final Liga Champions 2019 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari. Liverpool menjadi juara Liga Champions 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0.

KOMPAS.com - Format baru Liga Champions yang akan diterapkan tahun 2024 mendatang dikabarkan sudah dibuat.

Menurut laporan El Partidazo de COPE dan Radio MARCA, turnamen baru masih akan terdiri dari 32 tim.

Namun tak seperti turnamen saat ini, seluruh tim nantinya akan dibagi menjadi empat grup, masing-masing terdiri atas delapan tim.

Empat tim peringkat teratas dari tiap grup akan lolos ke 16 besar, sedangkan empat tim terbawah di tiap grup akan otomatis terdegradasi ke Liga Europa.

Baca juga: Bayern Muenchen Menentang Usulan Format Baru Liga Champions

Tim peringkat enam dan tujuh dari masing-masing grup akan bermain di laga play off untuk menghindari degradasi. Tim yang kalah di babak play off nantinya akan ikut terdegradasi ke Liga Europa di musim berikutnya.

Jadi nantinya akan ada delapan tim yang terdegradasi.

Pembagian grup dengan format baru akan membuat lebih banyak pertandingan di babak penyisihan, yakni mencapai 14 laga.

Padahal, saat ini jumlah pertandingan di babak penyisihan hanya ada enam laga. Kondisi inilah yang diyakini membuat akan ada pertandingan yang dihelat di akhir pekan.

Belum disebutkan bagaimana nasib tim yang terdegradasi, namun memiliki pencapaian yang apik di liga domestik.

Baca juga: 5 Aturan Baru untuk Liga Champions dan Liga Europa Musim Depan

Yang pasti, rencana format baru ini akan dipresentasikan pada pertemuan UEFA di Monaco pada Agustus mendatang.

Banyak pihak yang sudah menyatakan menentang perubahan format ini, meliputi Premier League, Bundesliga, hingga tujuh klub Spanyol anggota asosiasi klub Eropa (ECA), yakni Atletico Madrid, Sevilla, Valencia, Athletic Bilbao, Villarreal, Real Sociedad dan Malaga.

Hanya dua klub, yakni Real Madrid dan Barcelona yang disebut-sebut menyetujui usulan tersebut.

Halaman:



Close Ads X