Kompas.com - 06/06/2019, 09:27 WIB
Cristiano Ronaldo membawa bola pada pertandingan Portugal vs Swiss dalam semifinal UEFA Nations League di Stadion Do Dragao, seusai dirinya mencetak hat-trick pada laga tersebut, 5 Juni 2019. AFP/MIGUEL RIOPACristiano Ronaldo membawa bola pada pertandingan Portugal vs Swiss dalam semifinal UEFA Nations League di Stadion Do Dragao, seusai dirinya mencetak hat-trick pada laga tersebut, 5 Juni 2019.
|

KOMPAS.com - Penyerang Tim Nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, berhasil mengantarkan timya lolos ke final UEFA Nations League.

Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick yang membawa Portugal mengalahkan Swiss 3-1 pada babak semifinal di Porto, Rabu (5/6/2019).

Saat ini, Ronaldo telah mencetak 88 gol sepanjang kariernya buat timnas Portugal. Dia kian mantap memuncaki daftar pencetak gol terbanyak untuk timnas Eropa sepanjang masa.

Catatan 88 gol Ronaldo mengungguli Ferenc Puskas (Hungaria-Spanyol, 84 gol), Sandor Kocsis (Hungaria, 75), dan Miroslav Klse (Jerman, 71).

Untuk level dunia, rekor 88 gol CR7 hanya kalah dari 109 gol milik bomber timnas Iran, Ali Daei.

Baca juga: Portugal Vs Swiss, Cristiano Ronaldo Jadi Pembeda

Termasuk hat-trick terbaru di Porto, sebanyak 43 gol Cristiano Ronaldo buat timnas Portugal dicetak di kandang sendiri. Sebanyak 30 gol tercipta pada pertandingan tandang dan 15 di tempat netral.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ronaldo mencetak 88 golnya dalam 59 pertandingan. Portugal menang 49 kali, imbang 5 kali, dan kalah 5 kali.

CR7 tercatat sekali mencetak 4 gol dalam satu pertandingan (di antaranya juga bisa dihitung sebagai hat-trick), 6 kali hat-trick murni, 14 kali membukukan 2 gol dalam sebuah laga, dan 38 gol lainnya adalah torehan tunggal.

Korban favorit Cristiano Ronaldo saat berbaju timnas Portugal adalah Andorra, Armenia, Latvia, dan Swedia. Masing-masing negara tersebut kebagian 5 gol CR7.

Ronaldo mencetak 4 gol ke gawang Estonia, Kepulauan Faroe, dan Belanda. Swiss menjadi korban terbaru Ronaldo dalam kariernya di timnas Portugal.

Empat negara yang gawangnya belum pernah dijebol Ronaldo adalah Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.