Simon McMenemy Tidak Akan Usik Skuad Garuda Muda

Kompas.com - 16/04/2019, 19:00 WIB
Simon McMenemy saat melakukan konferensi pers, Selasa (16/4/2019)PSSI Simon McMenemy saat melakukan konferensi pers, Selasa (16/4/2019)


KOMPAS.com -
Pelatih Tim Nasioanal (Timnas) Indonesia, Simon McMenemy, dikenal sebagai pelatih yang gemar menggunakan peman-pemain muda untuk mengisi kekuatan timnya.

Meskipun demikian, mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut tidak ingin mengganggu persiapan Timnas Indonesia U-23 yang saat ini ditangani Indra Sjafri.

Ia merasa skuad Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-23, harus tetap bersama sepanjang 2019.

Baca juga: Timnas Indonesia Gelar Dua Uji Coba Sebelum Kualifikasi Piala Dunia

"Ini akan mengganggu program Indra Sjafri. Pada awal tahun saya sudah bicara dengannya bahwa saya tak akan mengganggu tim dia," kata Simon dikutip dari Goal.

“Saya hanya akan mengambil pemain yang dirasa benar-benar dibutuhkan. Penting bagi pemain U-23 agar mereka tetap di timnya karena mereka juga sedang persiapan untuk SEA Games dan saya ingin mereka tetap bersiap secara maksimal," tambahnya.

Sepanjang 2019, Timnas Indonesia U-23 memang disibukkan dengan rangkaian kejuaraan yang harus mereka lakoni. Piala AFF U-22, kualifikasi Piala Asia U-23, dan yang terakhir adalah SEA Games yang akan mereka ikuti pada akhir November.

Baca juga: Simon McMenemy Buka Peluang Datangkan Sandy Walsh di Timnas Indonesia

Lebih lanjut, pelatih asal Skotlandia tersebut mengambil contoh kasus Saddil Ramdani. Saddil menjadi pemain yang paling banyak “diperebutkan” oleh Timnas Indonesia mulai dari kelompok umur (U-19 dan U-23) hingga senior, di samping dirinya harus berkostum Persela Lamongan.

"Beberapa waktu lalu Saddil bermain untuk U-19, U-23, bahkan senior, dan juga Persela. Itu merupakan hal yang sulit untuk Saddil. Ini tahun besar untuk U-23, saya ingin mereka tetap di timnya dan belajar dari Indra," tutur Simon.

Menurut rencana, Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan menjelang lebaran untuk persiapan menghadapi dua pertandingan uji coba berlabel FIFA matchday sebelum kualifikasi Piala Dunia 2022.



Close Ads X