Asosiasi Klub Eropa Tolak Piala Dunia Antarklub 24 Tim

Kompas.com - 27/03/2019, 12:02 WIB
Real Madrid menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2017 seusai mengalahkan Gremio pada laga final di Abu Dhabi, Sabtu (16/12/2017).AFP/Giuseppe Cacace Real Madrid menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2017 seusai mengalahkan Gremio pada laga final di Abu Dhabi, Sabtu (16/12/2017).

KOMPAS.com - Asosiasi Klub Eropa (ECA) menentang rencana FIFA yang ingin menyelenggarakan Piala Dunia Antarklub dengan format baru.

Selama ini, Piala Dunia Antarklub berlangsung setiap tahun dan hanya diikuti tujuh tim. FIFA berencana menambah peserta Piala Dunia Antarklub menjadi 24 tim pada 2021.

Presiden ECA Andrea Agnelli menyatakan sejumlah tim top Italia mendukung rencana mereka untuk memboikot Piala Dunia Antarklub pada 2021.

"Keputusan FIFA untuk mengubah Piala Dunia Antarklub pada tahun 2021 adalah salah satu yang tidak dapat didukung ECA," kata Agnelli.

Baca juga: Peserta Piala Dunia Antarklub Ditambah pada 2021

Selain penambahan peserta, Piala Dunia Antarklub juga akan diselenggarakan pada bulan Juni-Juli, mengambil slot kalender pertandingan internasional yang berhubungan dengan Piala Konfederasi FIFA.

Sebanyak 24 tim peserta akan dibagi menjadi delapan kelompok yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Pemenang grup berhak lolos ke perempat final dalam format sistem gugur.

Rincian lainnya, seperti jadwal pertandingan yang diusulkan dan alokasi slot untuk perwakilan dari masing-masing konfederasi akan dibahas lebih lanjut dan diputuskan pada tahap selanjutnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X