Peserta Piala Dunia Antarklub Ditambah pada 2021

Kompas.com - 17/03/2019, 06:00 WIB
Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Al Ain di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, 22 Desember 2018. AFP/GIUSEPPE CACACE Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Al Ain di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, 22 Desember 2018.

KOMPAS.com - Dewan FIFA telah menyetujui penambahan peserta Piala Dunia Antarklub pada penyelenggaraan tahun 2021 mendatang.

Selama ini, Piala Dunia Antarklub hanya diikuti tujuh tim. Namun, pada turnamen percontohan 2021 mendatang, jumlah peserta akan ditambah menjadi 24 tim.

Keputusan itu diambil lewat pertemuan FIFA yang diadakan di Miami, Amerika Serikat pada Jumat (15/3/2019). Ada 25 suara mendukung dan tujuh menentang proposal mengenai format baru Piala Dunia Antarklub ini.

Selain penambahan peserta, Piala Dunia Antarklub juga akan diselenggarakan pada bulan Juni-Juli, mengambil slot kalender pertandingan internasional yang berhubungan dengan Piala Konfederasi FIFA.

Baca juga: Courtois Kecewa Madrid Gagal Menang Setelah Raih Piala Dunia Antarklub

Sebanyak 24 tim peserta akan dibagi menjadi delapan kelompok yang terdiri dari tiga tim masing-masing, dengan pemenang grup berhak lolos ke perempat final dalam format sistem gugur.

Rincian lainnya, seperti jadwal pertandingan yang diusulkan dan alokasi slot untuk perwakilan dari masing-masing konfederasi akan dibahas lebih lanjut dan diputuskan pada tahap selanjutnya.

Keputusan untuk merombak Piala Dunia Antarklub datang setelah proses konsultasi menyeluruh yang dimulai pada tahun 2016 dan melibatkan Dewan FIFA, Komite Pemangku Kepentingan Sepak Bola, Komite Penyelenggara untuk Kompetisi FIFA, asosiasi anggota di KTT Sepak Bola Eksekutif, serta pemangku kepentingan sepakbola profesional lainnya.

 Baca juga: Piala Dunia Antarklub Menjadi Trofi Pertama Real Madrid bersama Solari

 

 

 




Close Ads X