Sosok Tak Tergantikan di Bayern Bukan Neuer atau Lewandowski

Kompas.com - 18/03/2019, 14:25 WIB
 Javi Martinez, Leon Goretzka, Thomas Mueller, Robert Lewandowski, dan Joshua Kimmich merayakan gol timnya pada pertandingan Bayern Munich vs Fortuna Duesseldorf, 24 November 2018. AFP/CHRISTOF STACHE Javi Martinez, Leon Goretzka, Thomas Mueller, Robert Lewandowski, dan Joshua Kimmich merayakan gol timnya pada pertandingan Bayern Munich vs Fortuna Duesseldorf, 24 November 2018.

KOMPAS.com - Siapa pemain yang tak tergantikan di Bayern Muenchen musim ini? Jawabannya bukanlah Manuel Neuer atau Robert Lewandowski, melainkan Joshua Kimmich.

Manuel Neur memang menjadi kapten Bayern Muenchen, sedangkan Robert Lewandowski berstatus pemain asing tersubur di Liga Jerman. Namun, peran Joshua Kimmich amatlah vital di tim berjulukan Die Roten itu.

Musim ini, Kimmich bermain pada setiap pertandingan Bayern di Bundesliga 1 - kasta teratas Liga Jerman. Dia pun tak absen pada pertandingan DFB Pokal alias Piala Jerman dan Piala Super Jerman.

Baca juga: Hasil Liga Jerman, 3 Gol James Pertahankan Bayern di Puncak Klasemen

Satu-satunya pengecualian adalah laga kedua babak 16 besar Liga Champions ketika Bayern kalah 1-3 dari Liverpool, Rabu (13/3/2019). Dia absen karena menjalani skors akibat akumulasi kartu kuning.

Selain itu, Kimmich tak pernah absen dimainkan oleh pelatih Niko Kovac. Kontribusinya pun begitu nyata bagi Bayern.

Berdasarkan statistik Bundesliga, Kimmich menjadi salah satu pemain yang paling banyak menjelajah. Dia rata-rata melahap 12 kilometer setiap 90 menit pertandingan.

Dipasang sebagai bek sayap kanan, Kimmich dibekali kemampuan lengkap untuk pemain bertahan modern. Rata-rata dalam tiap laga, pemain kelahiran 8 Februari 1995 itu melakukan tiga aksi defensif, tekel, intersep, dan sapuan.

Sebagai bek modern, Kimmich juga punya andil besar dalam membantu serangan Bayern. Eks pemain RB Leipzig itu menjadi bek dengan keterlibatan gol terbanyak di Liga Jerman musim ini.

Hingga pekan ke-26 Bundesliga 1, Kimmich telah mencetak dua gol dan mengemas 11 asis. Berdasarkan situs web Transfermarkt, soal kreasi gol, dia cuma kalah dari penyerang sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho (15 asis).

Baca juga: Wawancara Eksklusif Joshua Kimmich, Segan Dibandingkan dengan Lahm

Akan tetapi, kelebihan utama Kimmich sesungguhnya adalah dalam hal keserbabisaan (versatility). Meski berposisi asli sebagai bek sayap, dia juga bisa dimainkan sebagai gelandang dan bek tengah.

"Saya pikir, Kimmich akan menjadi solusi bagi tim ini untuk posisi nomor 6 (gelandang bertahan). Saya begitu menyukainya," kata Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, September lalu.

"Kimmich merupakan pemain yang cerdas dan tangguh," kata Matthias Sammer, mantan direktur teknik Bayern.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X