Tampil 12 Menit, Pemain Klub Liga Spanyol Ini Ditonton 40 Juta Audien - Kompas.com

Tampil 12 Menit, Pemain Klub Liga Spanyol Ini Ditonton 40 Juta Audien

Kompas.com - 08/02/2019, 06:52 WIB
Wu Lei diperkenalkan sebagai pemain baru Espanyol di Stadion RCDE, 29 Januari 2019. AFP/PAU BARRENA Wu Lei diperkenalkan sebagai pemain baru Espanyol di Stadion RCDE, 29 Januari 2019.

BARCELONA, KOMPAS.com - Wu Lei, pemain baru klub La Liga Spanyol asal Catalan, Espanyol, membuat rekor audien. Saat menjalani debut di Liga Spanyol, aksi pemain asal China itu ditonton 40 juta pasang mata. 

Adapun Wu Lei sudah melakoni debut bersama Espanyol ketika tampil dalam partai pekan ke-22 La Liga melawan Villarreal pada 3 Februari 2019. Meski Wu Lei hanya tampil 12 menit, antuasime warga China tetap tinggi.

Dilansir dari situs web Indepentent, laga Espanyol kontra Villarreal di Stadion La Ceramica yang berakhir seri 2-2 itu disaksikan oleh lebih dari 40 juta penduduk China. Pada waktu itu, ia masuk menggantikan Didac Vila pada menit ke-78.

Baca juga : Mengenal Lee Kang-in, Gelandang Rp 1,2 Triliun Valencia Asal Korsel

Wu Lei didatangkan Espanyol dari klub Liga Super China, Shanghai SIPG, pada bursa transfer musim dingin, Januari 2019. Dua juta euro (sekitar Rp 31,73 miliar) adalah mahar yang dikeluarkan Espanyol untuk mendapatkan jasa Wu Lei.

Wu Lei pun tercatat menjadi pemain pertama asal China yang datang ke Espanyol. Sementara itu, menurut Opta Jose, Wu Lei menjadi pemain asal Negeri Tirai Bambu kedua yang berkarier di La Liga setelah Zhang Chengdong (Rayo Vallecano pada 2015).

Penampilan gemilang sepanjang tahun lalu menjadi salah satu pertimbangan Espanyol meminang sang winger 27 tahun.

Baca Juga : Saran Frontal dari Ibrahimovic Bikin Lindelof Bangkit di Man United

Wu Lei melesatkan 27 gol dari 29 penampilan bareng Shanghai SIPG di Liga Super China.

Catatan itu sekaligus membuat ia menjadi top scorer dan pemain terbaik Liga Super China 2018.

Dua belas tahun berkarier di China sempat membuat Wu Lei ogah menerima tantangan hijrah ke Spanyol.

 

Hingga pada akhirnya pemilik Espanyol yang juga warga negara China, Chen Yansheng, meyakinkan Wu Lei untuk pindah.

Mendatangkan Wu Lei nyatanya memberikan dampak besar bagi kemajuan Espanyol.

Dilansir BolaSport.com dari situs web resmi Espanyol, sesi perkenalan Wu Lei pada 30 Januari lalu, disaksikan oleh 350.000.000 warga China.

Baca juga : Bek yang Bikin Ronaldo Sulit Bernapas Sebut Messi Lebih Jago

Jumlah itu nyaris sepertiga dari penduduk China yang menurut World Population Review memiliki penduduk 1.418.114.076 orang per 7 Februari 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, Liga Spanyol memang secara agresif menargetkan China sebagai pasar baru untuk memperlebar cakupan bisnis penyiaran.

Oleh karena itu, kedatangan Wu Lei sangat meningkatkan atensi dan antusiasme penduduk China untuk terus memantau perkembangan pemain-pemain Negeri Tirai Bambu yang merumput di Liga Spanyol. (Ahmad Tsalis) 



Close Ads X