Tubuh yang Terlihat di Pesawat Emiliano Sala Akan Coba Diangkat

Kompas.com - 06/02/2019, 07:23 WIB
Foto Emiliano Sala terpampang di pagar tempat latihan Nantes di La Joneliere, La Chapelle-sur-Erdre, 23 Januari 2019. Sala merupakan pemain termahal Cardiff City yang dibeli dari Nantes. Dia hilang kontak saat menaiki pesawat pada Senin (21/1/2019). AFP/LOIC VENANCEFoto Emiliano Sala terpampang di pagar tempat latihan Nantes di La Joneliere, La Chapelle-sur-Erdre, 23 Januari 2019. Sala merupakan pemain termahal Cardiff City yang dibeli dari Nantes. Dia hilang kontak saat menaiki pesawat pada Senin (21/1/2019).
|

KOMPAS.com — Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris ( AAIB) mengonfirmasi bahwa pihaknya akan berusaha mengangkat tubuh yang terdapat di reruntuhan pesawat hilang yang ditumpangi oleh pesepak bola Cardiff City, Emiliano Sala, dan pilot David Ibbotson.

Sebelumnya, pencarian dengan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) menemukan pesawat itu di dasar laut Guernsey, Selat Inggris, pada Minggu (3/2/2019).

Hasil dari usaha tersebut, satu tubuh penumpang dilaporkan terlihat dari reruntuhan pesawat pada Senin (4/2/2019).

"Tragisnya, dalam rekaman video dari ROV, satu penumpang terlihat di tengah-tengah reruntuhan," demikian bunyi pernyataan AAIB, dikutip dari BBC.

Baca juga: Satu Tubuh Penumpang Terlihat di Reruntuhan Pesawat Emiliano Sala

Kini, setelah berkonsultasi dengan keluarga Emiliano Sala, keluarga pilot Ibbotson, dan kepolisian, telah diputuskan operasi pemulihan (pengangkatan) akan dilakukan.

"Kami berusaha untuk memulihkan (mengangkat) tubuh. Jika berhasil, kami akan mempertimbangkan kelayakan mengangkat puing pesawat," kata juru bicara AAIB, John Hotson, dikutip dari FourFourTwo.

Namun, AAIB menyatakan, kondisi pasang surut yang kuat menghambat operasi untuk mengangkat tubuh tersebut.

Selain itu, Hotson pun mengatakan, selalu ada kemungkinan bangkai kapal tidak akan dinaikkan dan keputusan akan dibuat atas saran para ahli penyelamatan.

"Kondisi pasang surut yang kuat berarti kami hanya dapat menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) untuk periode terbatas setiap hari dan ini akan berarti bahwa kemajuannya lambat," ujar Hotson.

"Terlepas dari hasilnya, kami tidak akan membuat pernyataan lebih lanjut sampai keluarga telah diberi tahu," ucapnya.

Baca juga: Anjing Milik Sala Menanti Tuannya Pulang

Untuk diketahui, tim pencari independen dibentuk setelah pencarian resmi pesawat hilang yang ditumpangi Sala via pihak kepolisian Guernsey dihentikan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X