Negara Penghasil Juara F1 Ini Justru Belum Pernah Gelar F1

Kompas.com - 18/01/2019, 20:00 WIB
Pebalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen,  saat meraih pole position pada kualifikasi GP Italia di Monza, 1 September 2018. AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen, saat meraih pole position pada kualifikasi GP Italia di Monza, 1 September 2018.

KOMPAS.com - Finlandia tercatat merupakan salah satu negara tersukses di dunia balap Formula 1 (F1). Tercatat, ada empat juara dunia F1 yang berasal dari negara tersebut.

Bila ditotal, raihan kemenangan grand prix para pebalap Finlandia bahkan mencapai 50 kali. Jumlah itu merupakan terbanyak kelima di dunia.

Walau demikian, Finlandia tercatat belum pernah sekalipun menggelar balap F1.

Berangkat dari hal itulah, AKK yang merupakan induk olahraga motorsport di Finlandia tengah melakukan studi untuk menjajaki kemungkinan menyelenggarakan balap F1 di Finlandia.

Baca juga: Penjelasan KBRI Finlandia soal Insiden Bendera Lalu Muhammad Zohri

AKK disebut telah mengajukan pendanaan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Finlandia.

"Finlandia telah memiliki warisan yang luar biasa dan unik di dunia motorsport," kata CEO AKK Tatu Lehmuskallio dikutip dari Motorsport.com, Kamis (17/1/2019).

"Belakangan ini, pebalap F1 dan pereli WRC asal Finlandia mengumpulkan poin lebih banyak dibanding negara-negara lain. Tidak hanya itu saja, kami juga diakui secara internasional untuk menyelenggarakan event motorsport yang modern, reliabel, berkelanjutan, dan pastinya seru untuk para fans, mitra dan atlet."

"Studi ini akan memberi pengetahuan yang detail tentang kompetisi balap di level tertinggi. Ini juga akan sangat membantu kami dalam menggelar event balap lainnya."

Baca juga: Tiga Gelar Juara Dari Finlandia

Layout KymiRing Finlandia untuk musim MotoGP 2019.Motorsport.com Layout KymiRing Finlandia untuk musim MotoGP 2019.

Finlandia menjajaki kemungkinan menghelat balap F1 di Sirkuit KymiRing. Sirkuit tersebut juga akan menjadi venue seri MotoGP pada musim 2020.

Sirkuit dengan panjang 4,5 kilometer itu diketahui berjarak sekitar 161 kilometer dari Ibu Kota Finlandia, Helsinki.

Bila terealisasi, penyelenggaraan F1 di Finlandia merupakan yang pertama di kawasan Skandinavia dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

Baca juga: Indonesia Tergusur Finlandia Helat MotoGP 2018

Satu-satunya negara Skandinavia yang pernah menggelar F1 adalah Swedia pada 1973 hingga 1978. Sedangkan Denmark membatalkan rencana menggelar balap F1 di jalanan kota Kopenhagen tahun lalu.




Close Ads X