Ini Pengakuan Pemilik Akun Medsos yang Berkicau Pengaturan Skor

Kompas.com - 29/12/2018, 20:20 WIB
Pemilik akun twitter @MixedZoneClub, Muhamamd Ilham, seusai memenuhi panggilan Komisi Displin PSSI di Kantor PSSI di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/12/2018). PSSI memanggil puluhan akun-akun medsos yang sempat berkicau tentang kasus pengaturan skor. Kompas.com/Alsadad RudiPemilik akun twitter @MixedZoneClub, Muhamamd Ilham, seusai memenuhi panggilan Komisi Displin PSSI di Kantor PSSI di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Sabtu (29/12/2018). PSSI memanggil puluhan akun-akun medsos yang sempat berkicau tentang kasus pengaturan skor.
Penulis Alsadad Rudi
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Akun Twitter @MixedZoneClub menjadi salah satu yang pernah berkicau soal pengaturan skor.

Oleh karena itu, pemilik akun tersebut menjadi satu dari puluhan pemilik akun media sosial (medsos) yang dipanggil oleh Komdis PSSI.

Pemilik akun @MixedZoneClub, Muhammad Ilham, memenuhi panggilan Komdis, pada Sabtu (29/12/2018). Pada kesempatan itu, Ilham dimintai keterangan sekitar dua jam.

Ilham menyebut pemeriksaan berlangsung dalam suasana santai dan berjalan seperti obrolan biasa. Dia dan anggota Komdis saling berbagi informasi yang mereka ketahui.

Pada kesempatan itu, Ilham menyebut anggota Komdis juga tidak menyampaikan keberatan atas kicauan yang pernah ditulisnya. Tidak ada pula desakan agar dia menghentikan aktivitasnya di dunia maya.

Baca juga: Pemilik Akun Medsos Tak Penuhi Panggilan, Apa Tindakan Komdis PSSI?

"Setahu saya dari obrolan kami, kalau dari Komdis tidak ada rencana untuk melakukan sesuatu terhadap akun-akun. Obrolan tadi asyik dan mereka hanya ingin berbagi info dan pengin tahu," kata Ilham saat ditemui seusai pemeriksaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mengelola akun @MixedZoneClub, Ilham juga tercatat sebagai wartawan di salah satu media nasional.

Menurut Ilham, seluruh informasi yang disampaikannya di @MixedZoneClub sebenarnya adalah hasil peliputan yang juga diberitakan di media tempatnya bernaung.

Baca juga: PSSI Harap Kehadiran Pemilik Akun Medsos yang Berkicau Pengaturan Skor

Saat diperiksa anggota Komdis, Ilham menyampaikan beberapa kasus yang sudah pernah diangkat media tempatnya berkerja dan disampaikannya di akun @MixedZoneClub.

"Kasus yang rata-rata sedang berjalan. Ada juga yang sudah diputuskan," ucap Ilham.

"Seperti dagelan di Sleman, berlanjut ke PSMP, itu yang kami kawal," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X