Final Piala AFF 2018, Malaysia dan Vietnam Imbang pada Leg Pertama

Kompas.com - 11/12/2018, 21:39 WIB
Para pemain Timnas Malaysia merayakan gol ke gawang Thailand pada laga semifinal Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, 5 Desember 2018. www.affsuzukicup.com Para pemain Timnas Malaysia merayakan gol ke gawang Thailand pada laga semifinal Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, 5 Desember 2018.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Tim nasional Malaysia dan Vietnam bermain imbang 2-2 pada leg pertama final Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Selasa (11/12/2018).

Dua gol Malaysia dicetak Shahrul Saad (36) dan Safawi Rasid (60). Sedangkan dua gol Vietnam diciptakan Nguyen Huy Hung (22) dan Pham Duc Huy (25).

Baca juga: Harapan Malaysia Bertumpu pada Ini

Pada laga tersebut, Vietnam unggul lebih dulu pada menit ke-22. Menerima umpang panjang, Phan Van Duc menusuk ke sisi kiri pertahanan Malaysia.

Setelah mengecoh seorang pemain Malaysia, Van Duc melepaskan umpan ke tengah kotak penalti.

Bola sempat dihalau pemain Malaysia. Nguyen Huy Hung yang tak terkawal menyambar bola liar dan gagal dihalau kiper Malaysia.

Baca juga: Kalahkan Filipina, Vietnam Tantang Malaysia di Final Piala AFF 2018

Tiga menit berselang, giliran Pham Duc Huy yang membawa timnya menggandakan keunggulan melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Tak mau dipermalukan di hadapan publik sendiri, Malaysia memperkecil ketertinggalan pada menit ke-36.

Berawal dari tendangan bebas, Shahrul Saad menyundul bola lambung yang kemudian masuk ke gawang Vietnam tanpa bisa dihalau kiper.

Skor 2-1 untuk Vietnam bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Unggul Gol Tandang, Malaysia Lolos ke Final Piala AFF 2018

Memasuki babak kedua, serangan silih berganti dilancarkan Malaysia dan Vietnam.

Malaysia yang berupaya menyamakan kedudukan mendapat kesempatan setelah pemainnya dilanggar di depan kotak penalti Vietnam pada menit ke-59.

Safawi Rasid yang menjadi eksekutor tendangan bebas melepaskan sepakan yang melewati pagar betis dan bersarang di pojok kanan gawang Vietnam.

Baca juga: Semifinal Piala AFF 2018, Malaysia dan Thailand Bermain Imbang

Usai gol tersebut, kedua tim masih saling jual beli serangan. Namun hingga waktu habis, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Skor 2-2 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Kedua tim masih akan memainkan laga leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi pada Sabtu (15/12/2018). Vietnam mendapat keuntungan dua gol tandang sehingga bila bermain imbang 0-0 atau 1-1, mereka menjadi juara.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X