Kalahkan Filipina, Vietnam Tantang Malaysia di Final Piala AFF 2018

Kompas.com - 06/12/2018, 21:45 WIB
Suka cita pemain timnas Vietnam merayakan gol ke gawang timnas Filipina pada semifinal pertama Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Bacolod City, 2 Desember 2018.
twitter.com/affsuzukicup Suka cita pemain timnas Vietnam merayakan gol ke gawang timnas Filipina pada semifinal pertama Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Bacolod City, 2 Desember 2018.

HANOI, KOMPAS.com - Timnas Vietnam berhasil melaju ke final Piala AFF 2018 setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-1 pada leg kedua semifinal di Stadion My Dinh National, Hanoi, Vietnam, Kamis (6/12/2018).

Pada laga leg pertama di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Vietnam berhasil menang dengan skor 2-1. Dengan demikian, Vietnam berhak melaju ke final Piala AFF 2018 karena unggul agregat gol 4-2 atas Filipina.

Vietnam akan menghadapi Malaysia dalam leg pertama final yang akan digelar pada Selasa (11/12/2018).

Di laga leg kedua semifinal ini, Vietnam meraih dua gol yang dicetak Nguyen Quang Hai pada menit ke-83 dan Nguyen Cong Phuong (87'). Sementara itu, gol tunggal Filipina dicetak James Younghusband.

Vietnam selaku tuan rumah bermain lebih percaya diri sejak babak pertama.

Hal itu terbukti dengan peluang dari tendangan Nguyen Trong Hoang pada menit ke-11 yang hampir mengancam gawang Filipina.

Baca juga: Piala AFF 2018 - Lolos Final, Pemain Timnas Malaysia Serentak Ejek Kiper Thailand

Walaupun menjadi tamu, Filipina terus menjajah pertahanan Vietnam. Hingga pada menit ke-25, Filipina hampir membuka keunggulan saat Stephan Schrock akan menerima umpan dari Reichelt. Namun, Scrhok gagal menggapai umpan itu.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih bertahan 0-0 pada laga ini.

Pada babak kedua, akhirnya Vietnam membuka keunggulan pada menit ke-83 melalui gol Nguyen Quang Hai sehingga tuan rumah unggul 1-0.

Vietnam menambah keunggulan pada menit ke-87 menjadi 2-0 setelah Nguyen Chong Phuong melesatkan tendangan yang gagal diantisipasi kiper Filipina.

Namun, menjelang akhir laga, Filipina berhasil memperkecil kedudukan setelah James Younghusband berhasil mencetak gol pada menit ke-89.

Skor bertahan 2-1 untuk keunggulan Vietnam hingga laga berakhir.

Halaman:



Close Ads X