Kompas.com - 10/12/2018, 13:40 WIB
Gaetan Bong mengawal ketat Romelu Lukaku pada pertandingan Premier League antara Brighton & Hove Albion dan Manchester United di Stadion American Express, 19 Agustus 2018. AFP/GLYN KIRKGaetan Bong mengawal ketat Romelu Lukaku pada pertandingan Premier League antara Brighton & Hove Albion dan Manchester United di Stadion American Express, 19 Agustus 2018.

KOMPAS.com - Penyerang Manchester United, Romelu Lukaku, menyebut Piala Dunia 2018 sebagai biang keladi penurunan performa dirinya di musim 2018-2019.

Menurut Lukaku, intensitas permainan di Piala Dunia 2018 dan kompetisi antar klub sangatlah berbeda. Untuk itu, dia merasa masih dalam tahap penyesuaian untuk bisa mengikuti ritme kompetisi.

"Setelah Piala Dunia, saya merasa kelelahan secara fisik dan mental. Saya mengalami hal yang serupa pada 2014, ketika di Everton. Saya benar-benar merosot setelah Piala Dunia," kata Lukaku dikutip dari situs Four Four Two, Senin (10/12/2018).

"Saya menambah daya otot di Piala Dunia karena itu dibutuhkan. Tetapi saat kembali (dari Rusia), sepak bola sudah berubah. Di Liga Inggris, Anda tidak bisa bermain dengan otot yang sama seperti di kompetisi internasional," ujar Lukaku.

"Ketika saya kembali saya sudah tahu tidak bisa langsung tampil bagus. Saya harus menurunkan daya otot. Saya harus banyak gym, minum air putih, dan makan banyak sayuran dan ikan," tutur pemain asal Belgia ini menambahkan.

Baca juga: Bukan Lagi The Special One, Jose Mourinho Tak Punya Teman di Manchester United

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jose Mourinho Tidak Benci Paul Pogba, tetapi...

Di musim ini, penampilan Lukaku terlihat sangat merosot daripada musim lalu. Lukaku hanya mampu mencetak enam gol dari 20 laga di semua kompetisi.

Menurunnya performa Lukaku berimbas kepada penampilan Man United. Klub berjuluk Setan Merah itu baru bisa mencetak 28 gol dari 16 laga di Liga Inggris.

Jumlah ini menjadi yang terkecil dari lima tim lain yang menempati enam besar musim lalu.

Man United kini tertahan di peringkat keenam klasemen dengan koleksi 26 poin. Tim berjulukan Setan Merah itu tertinggal 16 angka dari Liverpool di puncak klasemen.

Selanjutnya, Man United akan bertandang ke markas Liverpool, Stadion Anfield, pada pekan ke-17, Minggu (16/12/2018).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.