Kompas.com - 09/12/2018, 14:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan anggota kelompok pendukung fanatik Persija Jakarta, The Jakmania, diketahui rela bersih-bersih Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (8/12/2018).

Selepas stadion digunakan untuk kegiatan Natal bersama, para anggota The Jakmania langsung ikut membantu bersih-bersih, termasuk membantu mengangkut membereskan barang-barang yang dipakai pada acara tersebut.

Dari keterangan yang tertulis di unggahan akun Twitter resmi Persija, @Persija_Jkt, para The Jakmania yang ikut membantu bersih-bersih bahkan ada yang sampai menginap di SUGBK.

Selain The Jakmania, pihak lain yang turut membantu bersih-bersih SUGBK adalah petugas kebersihan dari Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Jelang Penentuan Juara, Pelatih Persija Janji Bantu Bersihkan SUGBK

Pekan lalu, Persija memang sempat mendapat pemberitahuan bahwa mereka belum pasti bisa bermain di SUGBK pada laga pamungkas Liga 1 melawan Mitra Kukar, Minggu (9/12/2018).

Pasalnya sehari sebelumnya, SUGBK masih digunakan untuk lokasi kegiatan Natal bersama. Jadi dikhawatirkan SUGBK belum siap dipakai pada keesokan harinya.

Baca juga: Polisi Akan Kawal Perjalanan Pemain Persija dan Mitra Kukar ke SUGBK

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Beberapa waktu ini akun sosmed saya dibanjiri mention dari Jakmania untuk bantu @persijajkt agar bisa main laga akhir Liga 1 di GBK. Lalu kemarin pagi, Pak Gede (Dirut Persija) menyampaikan kepada saya kondisi dan situasinya. . Melihat kenyataan itu, kami langsung bergerak dan koordinasi supaya Persija dapat main di GBK, tempat yg mampu menampung animo besar Jakmania dan warga Jakarta. . Alhamdulillah, setelah Pemprov DKI berkomunikasi dengan pengelola GBK, akhirnya GBK memberikan izin Persija bertanding di sana utk laga terakhir 9 Desember 2018. . Perlu diketahui sehari sebelumnya, Sabtu 8 Desember 2018, GBK digunakan untuk acara peringatan Natal. Secara teknis ada kesulitan utk pembongkaran semua perangkat acara tersebut. Setelah komunikasi dengan Pak Winarto, Dirut GBK, pembongkaran perangkat event tersebut akan dilakukan secepatnya. . Kami akan mobilisasi 2.000 petugas kebersihan Pemprov untuk membantu proses pembersihan agar GBK siap digunakan tanggal 9 Desember. . Ini pertandingan besar. Pertandingan terakhir Liga 1 2018 dimana Persija hanya butuh satu kemenangan lagi untuk meraih juara. Terakhir kita juara tahun 2001, sudah 17 tahun lalu. . Sekarang peringkat Persija sementara nomor satu, hanya beda satu poin dgn PSM. Pertandingan terakhir nanti akan melawan Mitra Kukar. Kita punya peluang besar untuk menang dan mengembalikan gelar juara ke ibu kota. . Sekarang kita bisa berlaga di GBK, kesempatan untuk menunjukkan kehebatan Persija dan Jakmania. . Untuk Persija, berjuanglah sekuat tenaga, kami ikut mendukung dari samping lapangan. Kepada Jakmania, dukung sekuat tenaga, tunjukkan Jakmania sekarang layak menjadi contoh suporter terbaik di dunia dengan #JagaGBK.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Dec 4, 2018 at 9:43pm PST

Beberapa hari lalu, Dirut Persija Gede Widiade kemudian menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyampaikan kondisi tersebut.

Usai pertemuan dengan Anies, Persija akhirnya mendapat kesempatan untuk bisa bermain di SUGBK pada laga pamungkas sekaligus penentuan juara Liga 1.

 Baca juga: Persija Vs Mitra Kukar Digelar di SUGBK, Teco Berterima Kasih

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Bi Idznillah ... Kota ini mau juara!?? ? Semua pun dilakukan agar Persija bisa mengangkat piala di rumahnya sendiri. Apresiasi kepada ratusan Jakmania dan petugas @dinaslhdki yang sejak semalam membersihkan sisa-sisa acara di GBK agar siap dipergunakan untuk laga sore ini Persija VS Mitra Kukar.?? ?? Kita harus juara di dalam dan luar lapangan, Persija dan Jakmania sama-sama harus menang. Tunjukkan kelas Jakmania sebagai supporter yg bersemangat, kreatif, tertib dan bersih. ?? ?? Teman-teman Jakmania yang tidak memiliki tiket tidak perlu memaksakan ke GBK, silakan ikut nobar yang disiapkan di kelurahan/ kecamatan terdekat. Ada 311 lokasi nobar se Jakarta.?? Gaungkan "Kota Ini Mau Juara!" dari GBK hingga ke gang, jalan, lapangan se-Jakarta.?? ?? ?? #KotaIniMauJuara?? #JagaGBK?? #JagaJakarta.? #PersijaDay #PersijaJakarta?? #PersijaSelamanya?? #Sajete

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Dec 8, 2018 at 5:14pm PST

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.