Bima Sakti Tegaskan Indonesia Tak Akan Main Mata dengan Filipina

Kompas.com - 22/11/2018, 12:18 WIB
Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018). Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana penyisihan grub B Piala AFF 2018 melawan timnas Singapura di Stadion Nasional, Singapura pada Jumat 9 November 2018.  ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018). Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana penyisihan grub B Piala AFF 2018 melawan timnas Singapura di Stadion Nasional, Singapura pada Jumat 9 November 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti, menegaskan tidak akan main mata dengan Filipina pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2018.

Pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018) nanti, memang sudah tidak berpengaruh bagi Indonesia. Namun, laga ini bakal menjadi penentu nasib Filipina untuk lolos ke semifinal.

Tujuh poin yang dimiliki Filipina saat ini masih belum aman untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2018.

Kelolosan Filipina juga tergantung dari hasil pertandingan Thailand yang menjamu Singapura di Stadion Rajamangala, Bangkok, Minggu (25/11/2018).

Singapura saat ini memiliki enam poin dan Thailand yang berada di puncak klasemen Grup A sudah mengantongi tujuh angka.

Jika Singapura meraih kemenangan melawan Thailand, Filipina bisa gugur andai dikalahkan juga timnas Indonesia.

Artinya, juara Grup B akan diraih Singapura, sedangkan Thailand keluar sebagai runner up karena unggul jumlah gol dari Filipina.

Baca juga: Indonesia Tersingkir di Piala AFF 2018, Bima Sakti Siap Dipecat

Filipina memang hanya membutuhkan hasil imbang melawan timnas Indonesia bila ingin lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Namun, tiket semifinal bisa diraih Filipina bila Singapura menelan kekalahan dari Thailand.

Kendati demikian, Bima Sakti menegaskan tidak akan memberikan kesempatan kepada Filipina untuk mendapatkan poin dari SUGBK.

Meskipun timnas Indonesia sudah gugur, Bima Sakti akan menurunkan skuad terbaiknya demi mendapatkan kemenangan melawan Filipina.

Baca juga: Wawancara dengan Bima Sakti Setelah Indonesia Gugur di Piala AFF 2018

"Yang pasti kami turunkan skuad terbaik karena kami mau menargetkan kemenangan," kata Bima Sakti selepas timnas Indonesia menggelar sesi latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

"Ada beberapa pemain yang beri kesempatan, tapi nanti kami lihat di sesi latihan pada Jumat dan Sabtu, yang pasti tidak banyak perubahan," ucap Bima Sakti.

Lebih lanjut, Bima Sakti mengatakanb Hansamu Yama dkk sudah mulai bangkit setelah semalam mengetahui timnas Indonesia gugur di Piala AFF 2018.

Gugurnya timnas Indonesia tak lepas hasil imbang 1-1 antara Filipina melawan Thailand di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11/2018).

"Pemain sudah bangkit. Bisa tersenyum bisa enjoy. Lupakan yang kemarin dan perbaiki di pertandingan besok. Kami harus menangkan pertandingan itu," kata Bima Sakti. (Mochamad Hary Prasetya)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X