Kompas.com - 17/08/2018, 19:35 WIB
Mantan pebulutangkis nasional, Taufik Hidayat saat diwawancarai media di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (11/8/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIMantan pebulutangkis nasional, Taufik Hidayat saat diwawancarai media di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (11/8/2018).
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan atlet bulu tangkis, Taufik Hidayat, bercerita saat kecil dia sebenarnya tidak tertarik bermain bulu tangkis.

Dulu, dia malah lebih ingin menjadi pemain sepak bola karena suka bermain bola bersama teman-temannya.

"Orangtua sayalah yang meminta saya untuk main bulu tangkis. Kalau saya dulu lebih suka main sepak bola," ujar Taufik dalam acara talkshow Nasional Heroes yang digelar PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Palmerah, Jumat (17/8/2018).

Orangtuanya menyampaikan bahwa olahraga yang turnamennya sampai tingkat internasional adalah bulu tangkis. Dia pun diberi dua pilihan, bulu tangkis atau sepak bola.

Baca juga: Asian Games 2018, Taufik Hidayat Nilai Nomor Ganda Masih Andalan

Meski menyukai sepak bola, Taufik akhirnya menggeluti bulu tangkis. Awalnya terpaksa, lama-lama Taufik menyukai cabang olahraga itu. Dia berlatih keras sejak kecil sampai mengorbankan waktu bermainnya. 

Taufik menceritakan ini ketika ditanya apakah dulu pernah membayangkan akan menjadi legenda bulu tangkis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengatakan, untuk menjadi juara, pertama-tama harus mencintai cabang olahraganya terlebih dahulu.

Baca juga: Bulu Tangkis Asian Games, Susy Berharap Dukungan Masyarakat Indonesia

"Harus suka dulu karena kalau terpaksa, kita enggak bisa menjadi yang terbaik," ujar dia.

Setelah masuk pelatnas PBSI, barulah Taufik mulai merencanakan kariernya di dunia bulu tangkis. Sampai akhirnya menang di berbagai kejuaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.