Asian Games 2018, Indonesia Menang Telak atas Taiwan

Kompas.com - 12/08/2018, 20:55 WIB
Pesepak bola Indonesia Stefano Lilipaly merayakan golnya pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8/2018). Timnas Indonesia menang dengan skor 4-0.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pesepak bola Indonesia Stefano Lilipaly merayakan golnya pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8/2018). Timnas Indonesia menang dengan skor 4-0.

BEKASI, KOMPAS.com — Timnas U-23 Indonesia mengalahkan timnas U-23 Taiwan dengan skor 4-0 pada laga perdana penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Minggu (12/8/2018).

Dua pemain naturalisasi, Stefano Lilipaly dan Alberto "Beto" Goncalves, serta M Hargianto menjadi mimpi buruk Taiwan. Lilipaly membuat brace alias dua gol pada menit ke-67 dan 76, Beto mencetak gol pada menit ke-70, dan Hargianto saat injury time.

Dengan kemenangan ini, Indonesia untuk sementara berada di peringkat kedua klasemen  Grup A dengan koleksi tiga poin dari satu laga. Indonesia hanya unggul selisih gol atas Hong Kong di urutan ketiga.

Peringkat teratas grup ini ditempati Palestina yang mengumpulkan empat poin hasil dari satu kemenangan dan satu kali imbang. Sementara itu, Taiwan turun ke peringkat keempat dengan koleksi satu poin dari dua laga.

Baca juga: Fakhri Husaini Sampaikan Pujian Khusus bagi Penampilan Impresif Kiper Timnas U-16 Indonesia

Pada babak pertama, Indonesia yang mengandalkan kedua sisi sayap berhasil menguasai jalannya pertandingan. Kecepatan Febri Hariyadi di sisi kiri dan Irfan Jaya di sayap kanan berulang kali mampu menembus pertahanan Taiwan.

Secara statistik, Indonesia unggul cukup jauh atas Taiwan. Skuad berjulukan Garuda Muda ini menguasai bola dengan presentase 60 persen.

Namun, peluang Indonesia selalu gagal berbuah gol karena buruknya penyelesaian akhir. Total Indonesia mencetak 10 tembakan dan hanya 3 di antaranya yang tepat sasaran.

Sementara itu, Taiwan memilih bermain menunggu dengan memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Tiket Timnas U-23 Indonesia Ludes Dibeli Penonton

Pada babak kedua, Indonesia tetap memegang kendali permainan sejak peluit sepak mula dibunyikan.

Indonesia baru mendapatkan peluang pada menit ke-56. Menerima umpan Febri, Beto yang membelakangi gawang mengubah arah badannya dan mengecoh satu bek Taiwan.

Beto kemudian mencoba menembak dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya yang mendatar dengan mudah ditangkap kiper Taiwan.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Tanah Air tercipta pada menit ke-67. Melalui skema bola mati di sisi kiri pertahanan Taiwan, Febri mengirimkan umpan lambung ke arah tiang dekat.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X