Usia 31 Tahun, Gerard Pique Pensiun dari Timnas Spanyol - Kompas.com

Usia 31 Tahun, Gerard Pique Pensiun dari Timnas Spanyol

Kompas.com - 12/08/2018, 15:15 WIB
Bek Spanyol, Gerard Pique, terlihat frustrasi saat tampil pada laga Piala Eropa 2016 kontra Italia, di Stade de France, Paris, Senin (27/6/2016).PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP Bek Spanyol, Gerard Pique, terlihat frustrasi saat tampil pada laga Piala Eropa 2016 kontra Italia, di Stade de France, Paris, Senin (27/6/2016).

KOMPAS.com - Bek Barcelona, Gerard Pique, telah resmi memutuskan mengakhiri karier sepak bola internasional. Dia pensiun dari timnas Spanyol pada usia 31 tahun.

Menurut Pique, dirinya saat ini ingin fokus membela Barcelona dalam sisa kariernya. Pique mengaku sudah berbicara dengan pelatih anyar Spanyol, Luis Enrique.

"Ya, saya telah berbicara dengan pelatih Luis Enrique dua minggu lalu, tetapi saya ungkapkan kepadanya bahwa keputusan ini baru saja saya buat," ucap Pique dari laman Fox Sports.

"Perlu merenung sejenak memutuskan ini. Bermain untuk Spanyol merupakan pengalaman yang luar biasa, sebab saya bisa memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa," kata mantan pemain Manchester United ini.

Baca juga: Shakira Sampaikan Pesan Mengharukan Pasca Gerard Pique Pensiun dari Timnas Spanyol

Hal ini tentunya sangat mengejutkan karena Pique merupakan pemain andalan Luis Enrique saat melatih Barcelona pada periode 2014 hingga 2017.

Pique melakoni debut internasional pada tahun 2009. Namun Pique baru reguler mendapat tempat di tim utama pada tahun 2011 atau ketika Carles Puyol sering dibekap cedera.

Sejak debutnya, Pique sudah melakoni 103 laga dan mencetak lima gol. Total, Pique sudah melakoni enam turnamen besar yakni Piala Dunia, Piala Eropa, dan Piala Konfederasi masing-masing dua kali.

Baca juga: Jual Pemain Tak Terpakai, Barcelona Untung Besar-besaran dan Cetak Rekor

Pada Piala Dunia terakhir (2018), Pique hanya bisa membawa Spanyol hingga babak 16 besar setelah kalah adu penalti dari timnas Rusia. Meskipun begitu, Pique sebenarnya sudah pernah meraskan gelar bergengsi selama karier internasional.

Pique menjadi bagian dari masa keemasan Spanyol kala meraih Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)



Close Ads X