Kompas.com - 02/07/2018, 09:31 WIB
Kiper Spanyol David De Gea gagal menghalau bola saat adu penalti pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018). Timnas Rusia lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-3. AFP PHOTO/MLADEN ANTONOVKiper Spanyol David De Gea gagal menghalau bola saat adu penalti pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018). Timnas Rusia lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

KOMPAS.com — Kiper timnas Spanyol, David De Gea, menjadi sorotan seusai La Furia Roja disingkirkan timnas Rusia dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Minggu (1/7/2018).

Duel tersebut berakhir imbang 1-1 selama 120 menit. Spanyol unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri bek Rusia, Sergei Ignashevich, pada menit ke-12 sebelum Rusia menyamakan kedudukan pada menit ke-41 lewat eksekusi penalti Artem Dzyuba.

Rusia kemudian berhasil mengalahkan Spanyol dalam drama adu penalti dengan skor 4-3.

(Baca Juga: Gol Bunuh Diri Meriah untuk Panama Ciptakan Sejarah di Piala Dunia)

Kiper Rusia, Igor Akinfeev, sukses menepis dua sepakan 12 pas pemain Spanyol: Koke dan Iago Aspas. Sebaliknya, De Gea tak mampu sekali pun menggagalkan eksekusi algojo Rusia, mulai dari Fedor Smolov, Sergei Ignashevich, Aleksandr Golovin, sampai Denis Cheryshev.

Hasil ini membuat Rusia menggoreskan tinta emas untuk pertama kalinya melangkah ke perempat final Piala Dunia. Sementara itu, De Gea menjadi sasaran cacian.

Sepanjang Piala Dunia 2018, ada tujuh tembakan tepat sasaran yang mengarah ke gawang De Gea. Namun, cuma satu yang dapat dimentahkan oleh penjaga gawang Manchester United itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip BolaSport.com dari situs resmi FIFA, persentase penyelamatan De Gea cuma 14,3 persen alias yang terburuk di antara kiper lainnya. De Gea menempati posisi ke-40 alias juru kunci.

Sementara itu, kiper dengan refleks terbaik dengan penyelamatan terbanyak adalah penjaga gawang Meksiko, Guillermo Ochoa. Dia memuncaki klasemen lantaran melakukan 17 penyelamatan dengan persentase keberhasilan mementahkan tembakan musuh sebesar 81 persen! (Septian Tambunan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.