Suporter Jepang dan Senegal Lakukan Aksi Simpatik Pungut Sampah

Kompas.com - 20/06/2018, 19:43 WIB
Fans Senegal melakukan selebrasi usai negaranya meraih kemenangan 2-1 atas Polandia dalam laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Spartak Stadium, Moskow, 19 Juni 2018.
Alexander NEMENOV/AFPFans Senegal melakukan selebrasi usai negaranya meraih kemenangan 2-1 atas Polandia dalam laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Spartak Stadium, Moskow, 19 Juni 2018.

KOMPAS.com - Suporter timnas Jepang dan Senegal melakukan aksi simpatik usai menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018. Mereka membersihkan sampah yang berserakan di stadion.

Dua negara tersebut sama-sama berada di Grup H dan meraih hasil positif pada laga perdana. Jepang menang 2-1 atas Kolombia dalam duel di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018), demikian juga dengan Senegal, yang menuai skor identik atas Polandia di Spartak Stadium.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Lengkap Grup G, Laga Timnas Inggris Kontra Belgia Paling Ditunggu-tunggu)

Meski larut dalam euforia, fans kedua negara tersebut tidak serta-merta meninggalkan tribune dalam kondisi berantakan. Mereka melakukan aksi pungut sampah sehingga ini menjadi hal yang sangat positif dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Bagi suporter Jepang, ini bukan hal yang baru karena mereka selalu melakukan aksi tersebut saban Samurai Biru, julukan timnas Jepang, bermain. Rupanya ini sudah menjadi budaya negara tersebut.

"Ini bukan hanya budaya sepak bola tetapi bagian dari budaya Jepang," demikian pernyataan seorang jurnalis yang bermarkas di Jepang, Scott McIntyre, kepada BBC.

Dia berada di Rusia untuk mengikuti sepak terjang Jepang dalam Piala Dunia 2018. Dia mengaku tidak terkejut dengan apa yang dilakukan suporter Samurai Biru.

"Anda sering mendengarkan orang mengatakan bahwa sepak bola merupakan cerminan budaya. Aspek penting dari masyarakat Jepang adalah memastikan bahwa semuanya benar-benar bersih dan itu yang terjdi dalam semua acara olahraga dan tentu saja dalam sepak bola," ungkapnya.

Setali tiga uang, fans Senegal juga melakukan aksi bersih-bersih di Stadion Spartak. Kegiatan itu terekam jelas lewat akun Twitter @WCGoalz.

Aksi tersebut mengundang respons positif dari para netizen, yang menyebut kegiatan mereka sebagai hal yang berkelas. Berikut beberapa komentar fans yang mengapresiasi kegiatan suporter Senegal.

@Stufffeller: “Respek, kalian berkelas, beberapa fans harus banyak belajar dari mereka.”

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X