Timnas Jepang Copot Pelatih yang Loloskan Tim ke Piala Dunia 2018 - Kompas.com

Timnas Jepang Copot Pelatih yang Loloskan Tim ke Piala Dunia 2018

Kompas.com - 09/04/2018, 10:05 WIB
Pelatih Timnas Jepang, Vahid Halilhodzic. Foto ini memperlihatkan ekspresi Halilhodzic, ketika memimpin tim nasional Aljazair pada laga 16 besar Piala Dunia melawan Jerman, di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, 30 Juni 2014. 
KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP Pelatih Timnas Jepang, Vahid Halilhodzic. Foto ini memperlihatkan ekspresi Halilhodzic, ketika memimpin tim nasional Aljazair pada laga 16 besar Piala Dunia melawan Jerman, di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, 30 Juni 2014.

TOKYO, KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) memecat pelatih tim nasional negara tersebut, Vahid Halilhodzic. Putusan ini cukup mengejutkan karena Halilhodzic berjasa mengantarkan Tim Samurai Biru lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. 

Dilansir BolaSport.com dari Japan Times, Kozo Tashima yang merupakan Presiden JFA akan melakukan sesi jumpa pers pada Senin (9/4/2018) sore perihal pemecatan Vahid Halilhodzic tersebut, termasuk soal siapa penggantinya.

Pemecatan Halilhodzic tak lepas dari performa buruk timnas Jepang pada dua laga uji coba, Maret lalu. Mereka imbang lawan Mali (23/3/2018) lalu kalah dari Ukraina (27/3/2018). 

"Kami belum siap menghadapi Piala Dunia," kata Halilhodzic seusai kalah dari Ukraina. 

(Baca Juga: Roberto Mancini Selangkah Lebih Dekat Jadi Pelatih Timnas Italia)

Hasil buruk pada dua laga uji coba awal tahun ini menjadi penyebab Halilhodzic dicopot. Sebuah putusan yang riskan karena Piala Dunia 2018 tinggal dua bulan lagi.

Pengganti Vahid Halilhodzic harus bisa memperbaiki kinerja timnas Jepang dalam waktu yang begitu singkat.

Sebelum tampil buruk pada dua laga uji coba, timnas Jepang sebetulnya bermain cukup baik saat ditangani oleh pelatih asal Bosnia-Herzegovina itu.

Mereka berhasil tampil sebagai pemuncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, mengalahkan timnas Arab Saudi dan Australia.

(Baca Juga: Seram, 5 Pesepak Bola Ini Memilih Tetapa Bertanding Meski Tengah Cedera Parah)

Kini, timnas Jepang bersiap untuk menunggu pelatih baru yang akan membawa mereka bersaing dengan timnas Kolombia, Polandia, dan Senegal di Grup H Piala Dunia 2018. Sebelum itu, mereka masih ada laga uji coba melawan Ghana pada 30 Mei. 

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X