Pele Bicara Lagi soal Siapa yang Lebih Baik antara Messi dan Ronaldo

Kompas.com - 19/01/2018, 07:07 WIB
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), mencoba menghentikan pergerakan Lionel Messi dari FC Barcelona dalam laga El Clasico di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 3 Desember 2016.AFP/JOSEP LAGO Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), mencoba menghentikan pergerakan Lionel Messi dari FC Barcelona dalam laga El Clasico di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 3 Desember 2016.

KOMPAS.com - Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, kembali berbicara soal pemain terbaik di dunia antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.  Dia mengungkapakan bahwa dia Messi lebih baik daripada Ronaldo.

Pria yang kini berusia 77 tahun ini membandingkan karier Lionel Messi bersama Barcelona dengan Cristiano Ronaldo yang bermain dengan Real Madrid. Dia melihat ada nilai plus dari sisi Messi. 

"Saya tetap memilih Messi. Mencetak gol itu penting, tetapi kalau tidak ada yang membangun serangan maka gol tidak akan terjadi," ujar Pele seperti dilansir BolaSport.com dari SportTv.

(Baca Juga: 8 Pesepak Bola Indonesia yang Dipastikan Berkarier di Luar Negeri pada Tahun 2018)

"Ronaldo adalah pencetak gol hebat. Tetapi jika melihat Messi, Anda akan melihat dirinya mengkreasikan serangan, mengatur ritme pertandingan, dan juga mencetak gol," tuturnya melanjutkan. 

Bukan kali ini saja Pele membandingkan dua ikon sepak bola dunia itu. Sebelumnya, dia juga beberapa kali menyebut Messi lebih baik daripada Ronaldo. 

"Ronaldo adalah pencetak gol yang hebat namun dalam hal pemain yang lengkap, tidak diragukan lagi bahwa Messi adalah yang terbaik," ujar Pele. 

Namun, Pele juga mengatakan bahwa dirinya kecewa karena hanya dua pemain itu yang dianggap sebagai pemain terbaik dunia. Padahal, masih ada sejumlah pemain hebat lainnya di kolong langit, Neymar salah satunya. 

"Dulu ada Johan Cruyff, Diego Maradona, Pele, Zico, Junior, dan lain sebagainya. Kini, dari seluruh dunia cuma ada dua orang itu?" kata Pele retoris. 

"Padahal, ada juga Neymar. Dia akan menuju ke sana," ucapnya melanjutkan. 

Salah satu putusan Neymar untuk hengkang dari Barcelona memang karena kalah "bersaing" dengan Messi. Selama di Barcelona, status dia "cuma" bintang kedua setelah Messi. (Putra Rusdi) 

 



EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberBolaSport

Close Ads X