Kompas.com - 04/09/2017, 17:20 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (4/9/2017) KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIWali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (4/9/2017)
|
EditorEris Eka Jaya

BANDUNG, KOMPAS.com - Meninggalnya Catur Julianto, suporter timnas yang terkena petasan lontar saat laga Indonesia kontra Fiji pada akhir pekan kemarin, Sabtu (2/9/2017), menambah cerita kelam aksi minor suporter Indonesia.

Berkaca dari hal itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil buru-buru mengingatkan para suporter sepak bola, khususnya suporter Persib Bandung (bobotoh), agar tak lagi membawa benda terlarang masuk stadion, salah satunya suar (flare) dan kembang api.

"Kepada seluruh penonton bola, kepada para bobotoh, jangan menganggap tindakan Anda itu hanya untuk diri Anda saja dampaknya. Setiap kecerobohan, sok jagonya Anda itu mengakibatkan kerugian," ujar Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Senin (4/9/2017).

Emil, begitu ia biasa disapa, menilai sudah banyak kerugian yang diakibatkan aksi tak terpuji dari suporter.

Baca juga: Indonesia Vs Fiji, Satu Suporter Meninggal karena Petasan

Sebab itu, Emil meminta sudah saatnya oknum bobotoh meninggalkan hal negatif yang berakibat merugikan orang lain dan tim kesayangan.

"Siapa yang dirugikan? Sarana mungkin rusak, dua, citra bobotoh jelek, dan ketiga, Persib harus bayar denda gara-gara oknum yang bawa flare, yang nge-chant rasis, lempar botol mineral," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Emil, suporter sepak bola harus tetap berpikir logis dalam bertindak. Sebab, setiap kecerobohan akan berdampak buruk terhadap orang lain dan klub.

"Jadi, jangan mengatasnamakan apa pun yang dirugikan orang lain, kecuali mau tanggung jawab sendiri. Kalau tidak bisa, ya sudah, seperti peradaban bola yang lain, berprestasi dan penontonnya beradab. Tolong berpikir logis tiap tindakan ada konsekuensinya," ucapnya. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.