Soal Wasit Asing di Liga 1, Ini Komentar Pemain Terbaik Piala Presiden 2017

Kompas.com - 20/07/2017, 16:04 WIB
Gelandang Arema FC, Adam Alis, mencium trofi penghargaan Pemain Terbaik Piala Presiden 2017 seusai laga final kontra Pusamania Borneo FC di Stadion Pakansari, Minggu (12/3/2017). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Gelandang Arema FC, Adam Alis, mencium trofi penghargaan Pemain Terbaik Piala Presiden 2017 seusai laga final kontra Pusamania Borneo FC di Stadion Pakansari, Minggu (12/3/2017).

KOMPAS.com - Rencana PT Liga Indonesia Baru memakai jasa wasit asing pada putaran kedua Liga 1 mendapat sambutan positif dari Adam Alis Setyano. Menurut pemain Arema FC ini, wacana tersebut bisa membawa dampak positif pada kompetisi.

Wacana pemakaian wasit asing sedang ramai diperbincangkan. PT Liga Indonesia selaku operator Liga 1 melempar rencana tersebut sebagai respon atas banyaknya keluhan kinerja wasit lokal selama ini.

Adam Alis menilai jika wasit asing selama ini memang lebih tegas dalam memimpin pertandingan. Hal tersebut ia rasakan berdasarkan pengalaman bermain di level internasional bersama timnas Indonesia maupun saat merumput di Bahrain.

“Ya, saya sangat setuju. Semua demi kemajuan sepak bola Indonesia. Kalau wasit asing biasanya lebih tegas saat mengambil keputusan. Kalau di Indonesia kadang kurang tepat dan sering merugikan,” ulas Adam Alis.

“Walaupun tidak semuanya begitu, hanya beberapa saja,” sambung peraih gelar Pemain Terbaik di Piala Presiden 2017 ini.

Berdasarkan evaluasai Adam Alis, sejauh ini kinerja wasit lokal Indonesia memang masih kurang ideal. Mantan pemain Persija Jakarta ini menilai wasit masih kerap membuat keputusan yang merugikan tim tamu.

“Beberapa wasit ada yang masih kurang menurut saya. Oleh karena itu, laga away kadang susah untuk tim tamu bisa cari poin,” keluh Adam Alis.

Adam Alis sendiri tidak punya keinginan khusus dari mana PT Liga Indonesia Baru akan mengambil wasit asing tersebut.

“Tidak masalah wasitnya dari Asia atau Eropa kalau menurut saya,” tutup pemain yang juga pernah membela Barito Putera ini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAloysius Gonsaga AE
SumberJUARA
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X