Kompas.com - 09/06/2017, 05:05 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

BENEVENTO, KOMPAS.com - Benevento Calcio membuat sejarah. Klub berjulukan Sang Penyihir itu menjadi tim pertama yang promosi ke Serie A - kasta teratas Liga Italia - pada musim debutnya di Serie B.

Benevento meraih tiket promosi ke Serie A setelah menang tipis 1-0 atas Carpi pada laga kedua play-off, Kamis (8/6/2017) atau Jumat dini hari WIB. Pada laga di Stadion Ciro Vigorito itu, tuan rumah menang berkat gol George Puscas (32').

Klub asuhan Marco Baroni itu lolos dengan agregat 1-0. Melangkah ke Serie A merupakan prestasi luar biasa bagi klub yang berdiri sejak 1929 - tetapi dibangun ulang pada 2005 - itu.

Benevento yang finis di peringkat kelima Serie B itu mengikuti jejak SPAL selaku juara Serie B dan Hellas Verona yang telah lebih dulu lolos otomatis.

Baca juga: Tantangan Berpuasa buat Pesepak Bola Indonesia di Luar Negeri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keberhasilan melangkah promosi ke kasta teratas merupakan sejarah baru. Sebab, baru pada musim ini mereka mencicipi kasta kedua Liga Italia.

Prestasi terbaik mereka sebelumnya adalah tampil di Serie C atau kasta ketiga. Wajar apabila seusai laga versus Carpi, para pemain Benevento langsung mengecat rambut mereka dengan warna merah-kuning, seusai corak kebesaran tim.

Adapun tiga tim yang terdegradasi dari Serie A adalah Empoli, Palermo, dan Pescara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.