Rencana Pensiun Xabi Alonso

Kompas.com - 18/01/2017, 21:08 WIB
CHRISTOF STACHE/AFP Ekspresi gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, saat melawan Juventus pada perempat final kedua Liga Champions di Stadion Allianz Arena, 16 Maret 2016.

MUENCHEN, KOMPAS.com - Gelandang asal Spanyol, Xabi Alonso (35), berencana akan pensiun dari dunia sepak bola saat kontraknya bersama Bayern Muenchen habis pada akhir musim 2016-2017.

Menurut pemberitaan di Jerman, Alonso dikabarkan telah bertemu dengan petinggi Bayern pada liburan musim dingin lalu untuk mengutarakan keinginannya gantung sepatu pada Juni 2017. Diberitakan Sport Bild pada Rabu (18/1/2017), Bayern menerima keputusan Alonso.

Alonso memiliki perhitungan yang mantap di balik keputusannya pensiun. Beberapa waktu lalu, Alonso meniai Bayern telah memiliki penerusnya, yakni Joshua Kimmich. Menurut Alonso, pemain asal Jerman itu memiliki masa depan cerah.

Dengan demikian, Alonso dipastikan mengakhiri kariernya selama 18 tahun di dunia sepak bola. Dia memulai kelahirannya di kampung halamannya dengan memperkuat Real Sociedad pada 1999.

Dia lalu merantau ke Premer League pada 2004 dengan memperkuat Liverpool. Bersama Si Merah, Alonso merupakan salah satu pemain kunci.

Lima musim berseragam Liverpool, Alonso meraih gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala FA, dan Community Shield.

Setelah itu, Alonso dengan transfer sebesar 30 juta poundsterling pindah ke Real Madrid. Selama lima musim berkarier di Stadion Santiago Bernabeu, Alonso mencicipi gelar Liga Champions, La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Puas dengan kiprahnya di Madrid, Alonso bertualang ke Jerman dengan memperkuat Bayern. Sejauh ini, dia telah meraih gelar Bundesliga, DFB Pokal, dan Piala Super Jerman.

Juara Gol-gol Terbaik Pekan Ke-21 Premier League

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorJalu Wisnu Wirajati
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X