Kompas.com - 14/01/2017, 07:10 WIB
Striker baru Persib Bandung Shohei Matsunaga saat ditemui wartawan di di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (13/1/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Kontributor Bandung, Dendi RamdhaniStriker baru Persib Bandung Shohei Matsunaga saat ditemui wartawan di di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (13/1/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
|
EditorAloysius Gonsaga AE

BANDUNG, KOMPAS.com - Striker baru Persib Bandung Shohei Matsunaga ternyata punya hasrat terpendam. Dia ingin menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Salah satu alasannya, pria berusia 27 tahun ini sudah betah tinggal di Indonesia. Bahkan, ia menegaskan sangat ingin membela tim nasional Indonesia.

"Pengen main di timnas. Saya suka main di Indonesia, saya banyak teman di sini. Sudah betah," kata pria berdarah Jepang itu saat ditemui di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (13/1/2017).

Jika mengacu pada sejumlah syarat menjadi seorang WNI, mantan bomber Persiba Balikpapan itu bisa dibilang sudah cukup memenuhi kriteria. Ia sudah tinggal lebih dari lima tahun di Indonesia.

Persib Bandung menjadi tim pertama yang ia bela pada warsa 2011. Selain punya penghasilan tetap, penguasaan bahasa Indonesia pun sudah cukup bagus karena dia sudah fasih.

Ia pun mengaku telah mengungkapkan keinginan besarnya itu kepada manajemen Persib. Ia berharap pihak klub dapat membantu proses naturalisasinya.

"Saya sudah bilang ke Persib, katanya mereka niat mau bantu. Tapi belum ada proses. Kalau ada yang bisa bantu kenapa tidak," ujarnya.

Niatnya untuk menjadi seorang WNI bukan berarti ia tak cinta terhadap tanah kelahirannya. Namun, ia menilai Indonesia punya kehidupan yang lebih dinamis dan menyenangkan.

"Jepang memang terlihat begitu indah. Tapi mereka sangat gila bekerja. Pandangan mereka seperti kosong. Mereka banyak uang tapi tidak tahu cara menghabiskannya. Kalau di Indonesia punya uang atau tidak bisa senang. Paling penting, istri saya juga betah di Indonesia," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X