Cech Jarang Catat "Clean Sheet", Apa yang Salah?

Kompas.com - 12/01/2017, 07:21 WIB
ADRIAN DENNIS/AFP Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, gagal mengantisipasi bola yang masuk ke gawangnya saat melawan Southampton pada partai Premier League di Stadion Emirates, 9 Oktober 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Penjaga gawang Arsenal, Petr Cech, melihat ada hubungan antara jumlah penalti dengan sedikitnya jumlah clean sheet yang dibukukan dirinya pada musim 2016-2017.

Cech selalu menjadi starter dalam 20 pertandingan Premier League musim ini. Namun, hanya enam di antaranya berakhir dengan catatan tanpa kemasukan.

Statistik tersebut tentu mencoreng pamor Cech sebagai penjaga gawang dengan catatan tanpa kemasukan terbanyak di Premier League. Total 184 clean sheet dibukukan Cech di kompetisi kasta teratas Inggris.

Rangkaian kegagalan lantas disesali oleh penjaga gawang berkebangsaan Republik Ceko itu.

"Saya merasa sudah tampil baik, terutama apabila kami melakukan clean sheet. Namun, ada sejumlah laga ketika kami cuma mengalami satu kemasukan saja," tutur Cech.

Penuturan Cech memang benar. Arsenal menderita masing-masing satu gol saja dalam sebelas laga Premier League musim ini.

Lebih sial lagi, lima partai di antaranya diwarnai hukuman penalti buat Arsenal.

"Kami juga menerima sejumlah penalti yang malah menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan. Rentetan seperti ini menunjukkan Anda tidak beruntung," ucap Cech.

Dengan total enam buah, Arsenal menjadi tim dengan hukuman penalti terbanyak kedua di Premier League. Hanya Hull City membukukan jumlah hukuman lebih banyak.

Situasi tersebut tidak menguntungkan buat Cech. Terlebih lagi, dia tidak pernah lagi menggagalkan penalti lawan sejak 12 Januari 2013.

Juara Bournemouth 3-3 Arsenal: Bangkit Setelah Tertinggal 3 Gol

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X