Alami Start Buruk, Valencia Bisa Terdegradasi

Kompas.com - 23/09/2016, 13:35 WIB
Penyerang Valencia, Munir El Haddadi, tampil pada laga La Liga di Stadion Mestalla, Kamis (22/9/2016) waktu setempat. Dok. Valencia CFPenyerang Valencia, Munir El Haddadi, tampil pada laga La Liga di Stadion Mestalla, Kamis (22/9/2016) waktu setempat.
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com — Dalam tujuh musim ke belakang, secara beruntun, Valencia menempati posisi keenam, ketiga, ketiga, pertama, keenam, kedua, dan kedua, saat musim memainkan empat jornada pembuka.

Situasinya begitu ironis karena pada empat pekan awal 2016-2017, Los Che terbenam di dasar klasemen La Liga.

Peringkat buncit ini diduduki setelah Valencia gagal menuai satu poin pun sejak musim anyar bergulir pada 22 Agustus.

Empat kali kalah dalam empat partai dan kemasukan 10 gol. Rekor itu menjadi yang terburuk setelah hasil serupa pada 1999-2000 yang dicatat Hector Cuper.

Valencianistas, dan mungkin publik sepak bola dunia, mungkin tak mengingat start buruk Cuper itu.

Maklum, pelatih asal Argentina itu berhasil menutup musim dengan mengantar David Albelda dkk menduduki peringkat ketiga klasemen Primera dan menggapai final Liga Champions.

Pako Ayestaran, pelatih terkini Valencia, jelas bukan Cuper. Dari aspek mana pun, ia tak layak dibandingkan dengan pria peraih tiga kali Copa Libertadores bersama Boca Juniors tersebut.

Di samping itu, skuad Valencia saat ini pun berbeda jauh dari materi yang kala itu merumput di Mestalla.

Sebagai gambaran lain, tiga tim terakhir yang mencatat empat kekalahan pada empat pekan awal, Osasuna, Sporting Gijon, Xerez, sama-sama mengakhiri kompetisi sebagai tim yang turun kasta ke Segunda A Division.

Jika ada jalur yang lebih mendekati untuk dilalui Ayestaran, rasanya bukan yang dilewati Cuper.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber JUARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X